MENU
icon label
image label
blacklogo

Masih Cedera Punggung, Nakagami Torehkan 1 Menit 21. 660 di Free Practice 1 Sachsenring

JUN 17, 2022@15:24 WIB | 151 Views

Ternyata selain Rins yang dinyatakan sehat untuk balapan, Takaaki Nakagami yang menjadi penyebab jatuhnya Pecco Bagnaia dan Rins juga dinyatakan lolos untuk balapan di Sachsenring. Nakagami juga sudah meminta maaf langsung kepada dua pembalap. Dirinya mengalami slipstream di belakang motor Bagnaia, yang menyebabkan dirinya hilang kendali saat hard breaking. 

Manuver Nakagami dengan menguntit jarak dekat di belakang motor Bagnaia, memang cukup menguntungkan membalap dengan teknik slipstream. Pertama keuntungan raceline, kedua aerodinamika motor lebih stabil tanpa memecah langsung dan bergesekan langsung dengan tembok udara.  Ketiga, cukup mudah untuk menyalip pembalap didepannya, saat dapat momentum. 

Ketiga keunggulan tersebut tidak bisa melawan nahas, seperti saat Nakagami kehilangan momentum dengan menabrak roda belakang Bagnaia. Karena slipstream memang wajar dan sah dilakukan pembalap. Maka keputusan FIM Stewards terhadap crash tiga pembalap benar-benar murni insiden.

Nakagami 'Ajaib' dinyatakan sehat untuk bergelut di Sachsenring. "Kecelakaan Sachsenring benar-benar kesalahan murni saya, akibat slipstream, pengereman tidak berfungsi baik, dan menyebabkan dua pembalap terjatuh," ungkap Nakagami yang terlindungi menggunakan helm Arai.

Karena helm Arai, Nakagami lolos dari cedera serius di kepala dan patah tulang. "Kepala saya aman, tidak ada cedera serius, namun bahu saya mengalami banyak peradangan dan cairan di dalam sendi. Saya berusaha adaptasi dengan model tikungan di Sachsenring yang dengan 2 titik hard braking, 1 belokan ekstrim dan landscape sirkuit yang menurun. Sisanya cukup mudah dilalui," jelas Nakagami.

Sirkuit Sachsenring ini memiliki karakteristik spesial di mana dari 13 tikungan, hanya ada 3 tikungan ke kanan, sementara 10 lainnya tikungan ke kiri. Selain itu, trek lurus di Sirkuit Sachsenring hanya 700 meter. Dengan panjang lintasan hanya 3,7 km, ini merupakan karakter sirkuit cepat, dan Nakagami bakal tuntaskan FP1 dengan title pembalap satelit Honda yang cukup akrab dengan podium Sachsenring. 

Selama pantauan tim Blackxperience.com, di free practice 1 Sachsenring yang sedang berlangsung, Nakagami berhasil mencatatkan waktu terbaik dengan 1 menit 21.660 detik[Ahs/timBX]

Tags :

#
takaaki nakagami,
#
tim lcr honda,
#
motogp sachsenring 2022,
#
slipstream