MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenali Tiga Generasi Maserati Ghibli Setelah 55 Tahun Memproduksi

NOV 25, 2021@17:00 WIB | 113 Views

Masih ingatkah mobil balap Maserati Ghibli?

Mesarit pertama kali diproduksi pada tahun 1926 yang dibuat oleh manufaktur Italia, Diatto. Sejak saat itu Maserati memperkenalkan berbagai model mobil dengan mesin-mesin buatan Ferrari. Setelah itu mulai menunjukkan sisi yang lebih sporty melalui Ghibli pada tahun 1960-an.

Pabrikan eksotis ini kini sudah menginjak 55 tahun dengan menghasilkan tiga generasi yang memukau. Maka dari itu untuk mengembalikan kenangan atas mobil-mobil eksotis dari Maserati Ghibli, kami telah merangkum keseluruhan produksi selama 55 tahun.

Baca juga: Maserati Grecale 2022 Tampil Sangar dengan 296 Tenaga Kuda

Generasi Pertama Maserati Ghibli

Mobil grand-tourer dua pintu merupakan generasi pertama Ghibli dengan desain yang ajaib karya Giorgetto Giugiaro. Generasi pertamanya ini dimulai dari 1967 hingga 1973. Satu-satunya model dengan lampu depan pop-up. Mesin dasarnya adalah V8 4,7 liter yang dipasang di kap depan menghasilkan 306 hp untuk melaju 60 mph dalam 6,8 detik dengan kecepatan 166 mph.

Ghibli SS merupakan model generasi pertama yang paling kuat dengan mesin yang sama V8 dan menghasilkan 330 hp dan kecepatan tertinggi 174 mph. Mobil Maserati tercepat saat itu.

Setelah itu muncul Spyder pada 1969. Memiliki bagian atas konvertibel yang dapat dilipat dengan penutup tonneau. Bodi yang lebih rendah dan tajam menjadi nilai jual bagi model grand-tourer satu ini. Selain itu interior juga terlihat lebih mewah dengan kursi kulit dan roda kemudi kayu.

Generasi Kedua Maserati Ghibli

Memiliki desain yang sangat berbeda dari sebelumnya semua berkat keberanian Marcello Gandini. Meski pencinta generasi pertama terusik dengan perubahan yang drastis, tapi secara teknologi Ghibli mengalami peningkatan tinggi.

Mobil bentuk persegi memiliki 206 hp berkat 2.0 liter twin-turbo V6 bagi pasar domestik. Sedangkan untuk pasar Eropa menggunakan V6 2.8 liter dengan tenaga 288 hp. Keduanya melaju pada 155 mph dengan transmisi 5-speed manual, 6-speed manual dan tambahan 4-speed automatic. Ada dua versi Maserati yang diperkenalkan pada tahun 1995, yaitu Ghibli Kit Sportivo dan Ghibli Cup.

Setelah itu adanya Ghibli Sport dengan motor 2.0 liter dan tenaga 325 hp dimana outputnya sekitar 163 hp/liter. Hal ini membuat Maserati berada di depan Jaguar XJ220 dan Bugatti EB110. Teknologi terus ditingkatkan pada generasi kedua dengan Ghibli GT 1996. Kemajuan teknologi sepuluh kali lipat dengan suspensi elektronik dan rem ABS.

Baca juga: Maserati Grecale Akan Debut November Mendatang

Generasi Ketiga Maserati Ghibli

Setelah 20 tahun vakum, Ghibli dihidupkan kembali sebagai sedan sporty dengan empat pintu. Menawarkan tiga pilihan mesin V6 3.0 liter versi twin-turbo 325 hp dan 404 hp; serta unit diesel turbo pertama dengan 271 hp.

Model pertamanya masuk dalam jajaran Ghibli 2022 di motor hybrid 2.0 liter inline-4 330 hp.  Lalu muncul Ghibli Trofeo  dengan V8 buatan Ferrari menghasilkan 580 hp. Interiornya dipenuhi dengan kulit halus dan jok sport yang tata dengan sangat rapi.

Sayangnya generasi ketiga ini merupakan produksi terakhir dari Maserati Ghibli. Mereka akan menggantinya dengan Maserati Grecale, sebuah SUV untuk masa depan. Pada tahun 2023 nama Ghibli akan hilang, tapi kami tetap mengharapkan model-model terbaru dari Maserati.[geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
maserati ghibli,
#
tiga generasi maserati ghibli,
#
mobil maserati ghibli