MENU
icon label
image label
blacklogo

Jaguar XE SV Project 8 Pecahkan Rekor Nurburgring 7:21,23

NOV 29, 2017@20:00 WIB | 409 Views

Pihak Jaguar baru saja mempersiapkan versi XE sebagai sedan khusus.  Model XE SV Project 8 telah melakukan serangkaian uji coba termasuk diantaranya telah mencatatkan rekor putaran Nurburgring dengan 7 menit 21,23 detik.  Catatan tersebut merupakan tercepat untuk sedan versi produksi, seperti dijelaskan saat konferensi pers yang berlangsung di Los Angeles.

Sebelumnya rekor sedan versi produksi dipegang oleh  Alfa Romeo Giulia Quadrifoglio, yang mencatatkan putaran the Ring dengan 7 menit 32 detik pada tahun lalu. Sedangkan versi tercepat mobil empat pintu untuk kejuaraan race pernah dicatatkan oleh Subaru WRX STI Tipe RA NBR  dengan torehan waktu 6 menit 57,5 detik.

Jaguar XE SV Project 8 yang berlari mengelilingi the Ring (julukan Nurburgring)  beberapa detik lebih cepat dari Alfa. Karena catatan rekor ini diprediksi harga pasarnya jauh lebih mahal.  Pihak Jaguar sendiri berencana untuk memproduksi 300  XE SV untuk pasar global termasuk diantaranya Amerika Serikat.

XE SV menghabiskan cost sebesar USD 188.495 atau mencapai Rp2,5 miliar dengan harga yang cukup mengejutkan. Namun menjadi sebanding bila Anda mengetahui performa mesin V-8, supercharged dengan hembusan tenaga 592 hp.  

Pihak Jaguar sendiri melalui Divisi Operasi Khusus Kendaraan, mengklaim hanya bagian roof dan  pintu depan menggunakan bahan yang digunakan standard XE. Untuk XE SV terlihat memiliki lampu depan yang lebih menonjok dan memanjang karena menampung mesin berkapasitas 5 liter.  Secara keseluruhan, 75 persen performa drivetrain  dikhususkan untuk project 8.

Untuk mengukur minat pelanggan, XE SV Project 8 hanya membuka pendaftaran melalui situs online. Jaguar XE SV Project 8 akan terlihat di Los Angeles Auto Show 2017 yang dimulai hari Rabu ini hingga 10 Desember nanti. [Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
jaguar,
#
xe sv project 8,
#
record nurburgring