MENU
icon label
image label
blacklogo

Isuzu Astra Bakal Ramaikan Kembali SUV dan Double Cabin di 2021

FEB 10, 2021@20:00 WIB | 521 Views

Isuzu Astra Motor Indonesia mulai berbenah menggarap passenger car di awal tahun 2021 ini. Hanya dua varian Mu-X dan D-Max yang bertarung di market SUV, sementara Panther yang sudah tidak diproduksi lagi, menjadi pertanyaan publik, siapa pengganti Panther?. Teknologi Common Rail yang memang sudah dipersiapkan untuk Euro4 digadang-gadang bakal diperbarui, dengan mempersiapkan duo Isuzu, Double Cabin dan SUV, namun kemungkinan bakal diluncurkan di akhir tahun jika tidak berubah.

Sektor penjualan MPV masih mengandalkan Panther hingga Desember 2019 terjual sebanyak 763 unit, disusul mu-X  menyumbang 457 unit, dan untuk DMAX 357 unit. Sedangkan untuk Panther Pick up Des 2019 menyumbang 608 unit. Tahun  2021 yang menjadi keputusan tidak memproduksi Panther menjadi keputusan tepat IAMI. Didukung dengan menurunnya data wholesales Panther dari varian LM, LV, LS hingga Grand Touring hanya 320 unit. Diimbangi dengan angka produksi yang semakin mengecil 208 unit hanya untuk menghabiskan stok. Penjualan angka MU-X yang notabene CKD Thailand hanya terjual 18 unit. 

"Bisnis Isuzu di Indonesia tahun ini tetap fokus ke commercial vehicle. Disamping itu, Kami juga sedang melakukan persiapan menghadapi EURO4 yang harusnya sudah diimplementasikan tahun ini, ternyata diundur ke April 2022. 
Isuzu Panther lahir pada 1991 dan sudah tidak diproduksi kembali sejak Maret 2020.  Di  segment passager ada MUX," Attias Asril, selaku Marketing Division Head PT Isuzu Astra Motor Indonesia.

Sejak tahun 2018 IAMI telah melakukan evaluasi terhadap penjualan MUX dan penerimaan MUX dari poin of view konsumen. Data terlihat ada perbaikan dari penjualan tapi juga pelayanan dan lain sebagainya. Tahun 2021 ini fokus IAMI tidak hanya penjualan, lebih penting bagi konsumen adalah resale value, pelayanan after sales. 

SUV Terbaru Isuzu mu-X I-Series 4x2 Hadir di GIIAS 2019

"Lebih jauh kami mempelajari fokus area mana yang terbaik untuk model. Saya harapkan perbaikan tersebut ada kemajuan, dengan  All New MU-X di launch di Indonesia. Mudah-mudahan  kita bisa perkenalkan di akhir tahun ini. Dengan adanya All New MU-X, melalui improvement, penjualan bisa lebih baik jauh ke depan," ungkap Rahmat Samulo Director PT IAMI. Isuzu Astra telah memiliki 121 outlet, dengan layanan purna jual terdiri dari 139 layanan Bengkel Isuzu Berjalan, 45 bengkel mitra dan 2403 gerai suku cadang. 

Jika merujuk pada Isuzu Thailand, kehadiran MU-X punya dua versi mesin 1900 dan 3000cc. Keduanya sudah menggunakan turbo diesel. Varian 1900cc dengan tenaga 150 PS dan torsi 350 NM bertransmisi  manual dan otomatis 6 percepatan.  Sementara varian tertinggi 3000cc bertenaga 190 PS dan torsi 450 Nm, serta tersedia dengan transmisi otomatis 6 percepatan.

Fitur adaptive cruise control cukup membantu pengemudi saat kondisi lalu lintas macet, dan sudah dilengkapi rem otomatis. Fitur keselamatan lainnya lane departure warning, rear-cross traffic alert, blind-spot monitoring, pedal misapplication mitigation, hingga multi-collision braking. 

Kalau fitur SUV MU-X selengkap itu, bagaimana dengan si double cabin D-MAX? Rencananya dua unit itu bakal diluncurkan akhir tahun 2021, triwulan ke-3 atau triwulan ke-4. Masyarakat SUV enthusiast cukup menunggu kehadiran penantang new Pajero dan New Fortuner ini.[Ahs/timBX]

Tags :

#
isuzu astra motor indonesia,
#
all new mu-x 2021,
#
all new d-max 2021