MENU
icon label
image label
blacklogo

Intip Sangarnya “Ducati 999” dari Motos Freeride

NOV 17, 2020@09:00 WIB | 322 Views

Tak diragukan lagi bahwa Ducati 999 akan menjadi model klasik masa depan. Bahkan sekarang ini, Ducati 999 kerap dijadikan basis motor kustom dengan segudang modifikasi. Salah satu yang menarik adalah Ducati 999 Cafe Racer dengan desain agresif hasil karya Pierre Terblanche dari Motos Freeride.

Proyek ini dikerjakan Pierre atas permintaan pemilik 999 yang merupakan penggemar berat Ducati dan rutin di trek. Awalnya, dia meminta Pierre untuk membangun sebuah cafe racer berbasis Ducati 900 SS. Tetapi builder Prancis ini memiliki sesuatu yang lebih baik dalam pikirannya, dengan kinerja yang lebih cepat. Klien pun setuju mengambil Ducati 999 model 2005 dengan kecepatan 140 hp dan 108,9 Nm, dan mengirimkannya ke bengkel Freeride Motos. Pekerjaan Pierre pun dimulai.

Secara estetika, pemikiran pertamanya adalah menghapus semua bodywork stok 999. Namun akhirnya sebagian dari DNA asli 999 dipertahankan dengan menjaga tangki bahan bakar OEM. Selebihnya, tangan Pierre membentuk sejumlah potongan aluminium untuk kembali mendandani Ducati.

Pengaturan lampu depan baru menampilkan dua proyektor yang dipegang dalam braket buatan tangan, dan diakhiri dengan nacelle kecil. Lampu-lampunya sengaja ditumpuk secara vertikal, agar sesuai dengan desain aslinya.

Di belakang, Pierre membuat unit ekor bergaya kafe baru, yang diletakkan di subframe baut baru dan dilengkapi lampu belakang terintegrasi. Sang builder tak lupa memberi sentuhan kerajinan kulit, mengingat Graulhet – basis Freeride Motors – merupakan kota industri yang terkenal dengan kulit. Alhasil, jok, punuk buntut, kasa depan, bantalan tangki, bahkan kunci kontak, semuanya telah dibalut bahan kulit bermutu tinggi.

Ada beberapa serat karbon melengkapi pengerjaan logam, di sepatbor depan, rear hugger, kombo pelindung rantai, penutup sproket, dan kotak udara karbon penuh dari EVR. Pierre juga dengan susah payah memasang sistem knalpot stainless steel khusus, dengan perhatian khusus pada panjang header. Usai dilakukan penyetelan ulang, mesin menghasilkan 9,9 hp lebih dengan peningkatan torsi 15,6 Nm.

Pierre juga meningkatkan perlengkapan lari Ducati agar sesuai. Mengingat model dasar 999 tidak dilengkapi dengan suspensi Öhlins dari 999R spek teratas, maka itu jadi pekerjaan pertama dalam daftar. Sementara di kokpit, Anda akan menemukan dasbor Aviacompositi, bersama dengan clip-on Renthal, kontrol Brembo, pegangan Domino, dan sinyal belok Motogadget.

Shock belakang Öhlins juga dipasang, dan semua komponen suspensi dilucuti dan diperhalus dalam balutan warna hitam dan merah. Rem ditingkatkan dengan suku cadang Brembo dan selang baru, dengan cakram belakang khusus. Pierre tetap mempertahankan pelek Marchesini 999 yang menakjubkan, tetapi dengan pengecatan ulang.

Ada lebih banyak detail yang menarik, seperti penutup sabuk mesin berpenampang melintang, hingga peningkatan tersembunyi seperti pengencang baja tahan karat yang lengkap. Tidak hanya terlihat luar biasa, Ducati 999 cafe racer ini juga bakalan tampil total lintasan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
ducati 999,
#
motos freeride,
#
motor custom,
#
kustomisasi motor,
#
ducati 999 cafe racer