MENU
icon label
image label
blacklogo

Ini Wujud 10 Motor Bobber Terbaru Paling Unik 2020 (1)

JUN 09, 2020@17:00 WIB | 580 Views

Aliran Bobber sudah lama dikenal oleh para pecinta motor. Sejak pertama muncul dengan istilah ‘bob-job’ pada tahun 1930-an hingga 1990-an, Bobber terus eksis sampai sekarang. Prinsip konstruksi Bobber ialah memotong alias mengurangi sejumlah bagian dari motor dengan sasis tetap standar untuk mendapat tampilan yang lumayan trondol. Pemotongan ini biasanya disebut ‘bobbed’ (seperti di-bob-tail), di mana bagian-bagian yang berlebihan dihapus supaya beratnya berkurang.

Nah, ada 10 sepeda motor custom aliran Bobber terbaru tahun 2020 yang sangat unik dan nyentrik. Tetapi kali ini langsung diciptakan oleh pabrikan motor ternama. Hanya saja wujudnya memilih wajah Bobber untuk memikat hati para pengendara atau pecinta motor gede. Berikut 10 Sepede Motor dengan desain Custom Bobber.

#1 BMW Motorrad Concept R18

Akhir Mei 2020 lalu, para pecinta motor di Concorso d’Eleganza Villa d’Este berdacak kagum saat divisi roda dua BMW AG memperkenalkan BMW Motorrad Concept R18 dengan segme large cruiser. Kesuksesan peluncuran ini menegaskan kelahiran kembali sang legenda. Disokong mesin twin-boxer terbaru BMW berkapasitas 1800 cc, R18 terinspirasi BMW R5 yang memulai debutnya tahun 1936—notabene menjadi salah satu motor legendari BMW. Concept R18 dengan R5 memiliki kemiripan para mesin boxer, rangka candle, tangki hitam model teardrop, dan pin-strip putih di tangkinya.

Sang perancang sekaligus kepala proywk Concept R18 menyepatkan kesan retro yang bisa dilihat pada penggunaan solo seat bergaya Pagusa—jok kulit bertekstur dengan logo cetak timbul khas BMW era 50an. Untuk ban depan 21 inci dan belakang 18 inci merupakan konsep mutakhir. Namun ban RILLE yang ikonik dari Metzeller yang disematkan membawa kita bernostalgi ke tahun 60an.

Wujud murni dan gaya klasik nampak pada poros penggerak R18 yang terbuka berlapis krom, penghubung roda belakang ke gorboks. Knalpot dibikin seperti sirip bagian ujungnya dengan peredam kejut yang disembunyikan di bagian bawah jok. Sedangkan sistem kelistrikannya nampak lebih sederhana dengan hanya starter dan lampu. Concept R18 sinyal kuat bagi kehadiran kembali BMW. BMW Motorrad menyebut proyek Consept R18 pengerjaannya menggandeng builder di Swedia, Ronna Noren dari Unique Custom Cycles. So, apakah hasil kolaborasi ini nantinya akan diproduksi massal?

#2 Triumph Bobber TFC

Triumph Bobber TFC (Triumpc Factory Custom) disebut-sebut sebagai sepeda motor Factory Custom yang super ekslusif. Bagaimana bisa disebut super ekslusif motor factory custom dari Bonneville Bobber ini? Sebab Triumph Bobber 2020 ini didesain secara ekslusif oleh TFC dan hanya diproduksi sebaganya 750 unit di dunia. Sebelumnya TFC juga membangun versi Rocket 3 pada April 2019 dan Thruxton pada Januari 2019 yang masing-masing ludes terjual.

Motor yang berbasis di Inggris ini bangunan konstruksinya menggunakan komponen dan material premium. Sedang bodinya dibikin dara bahwan serat karbon seperti di side panel, tangki, dan sepatbor depan. Supaya timbul kensan harmonis, semua rangka dan swingarmnya disematkan kelir hitam. Sedangkan di area kokpit ada setang clip-on lengkap dengan spion bar-end dan panel instrumun minimalis tetapi lengkap.

Triumph Bobber ini memang sengaja diproduksi dengan kesempurnaan yang diklaim tiada tandingannnya, jumlahnya yang sangat terbatas secara ekslusif diperuntukkan bagi pecinta motor yang menginginkan Bonneville Bobber yang dirancang secara khusus, istimewa, dan indah luar biasa. Bahkan, produksi kali ini merupakan yang pertama sekaligus yang terakhir. Selanjutnya tidak akan ada produksi lagi untuk seri motor ini.

#3 Harley Davidson Low Rider S

Low Rider S merupakan satu dari beberapa seri line up motor baru yang diumumkan Harley Davidson tahun 2020. Seri Low Rider S ini menjadi motor Harley terbaru yang paling banyak diperbincangkan. Sebab motor ini diakui sebaga yang paling agresif dari model Low Rider lain yang diperkenalkan sejak 43 tahun silam.

Low Rider S 2020 ditenagai mesin Milwaukee-Eight 114 (1868cc) yang menghasilkan torsi 119 ft/1bs @3000 rpm. Coastal style dan perfomance attitude pada sasi Sostail membuat Low Rider S 2020 menjadi lebih powerful dan lincah. Tampilan customnya murni bawaan pabrik dengan stang model motorcross dan warnanya match dengan fairing serta seaternya. Karakternya pun kian kuat dengan unsur warna cerah dengan finishing hitam. Ada dua pilihan warna solid untuk Low Rider S 2020 yaitu Vivid Black dan Barracuda Silver. Harganya dimulai daari USD $17,999.

#4 Honda Rebel

Sesuai namanya, Rebel merupakan sepeda motor unik yang menawarkan alternatif sporty bagi pengendara. Sejak diluncurkan Rebel menjadi big bike Honda paling laris. Karena faktor desain dan hasil kustomisasinya yang menggiurkan. Desain dan fitur juga menjadi pertimbangan kaum motoris. Kesannya klasik sekaligus modern.

Rebel dibekali Assist and Slipper Clutch, sebuah perangkat yang lazim digunakan di dunia balap, motor berkubikasi besar, dan roda dua kelas premium. Piranti ini membuat tuas kopling lebih terasa ringan.  Dengan alat ini pula, pengemudi bisa mengonrol langsung laju kendaraan jauh lebih mudah. Rebel ini pun cocok buat pemula, kendati mesin besar tapi desain jok (690 mm) dibuat rendah yang kompatibel dengan postur orang Indonesia. Bobotnya hanya 191 kg.

#5 Yamaha Bolt dan Bolt R-Spec

Yamah Bolt dan Bolt R-Spec kembali pada pertengahan Juni 2020 ini dengan model menarik untuk para kaum motoris. Didesain bergaya klasik dengan sasis yang kuat. Yamaha Bolt kali ini hadir dengan 2 varian. Yamaha Bolt ABS dan Bolt R-Spec yang sama-sama ditenagai mesin 4-tak berpendingin udara, SOHC (single overhead camshaft), 2 silinder, 4 katup.

Kedua varian ini sama-sama diperuntukkan untuk berkendara yang nyaman di pinggiran kota. Bolt R-Spec misalnya, dilengkapi suspensi belakangan dengan reservoir berwarna emas. Sementara itu, untuk warna Bolt R-Spec ialah Dark Purplish Blue Metallic, sedangkan Bolt ABS Black Metallic. Untuk harga, Bolt R-Spec dibanderol sekitar Rp 148 juta dan Bolt ABS sekitar Rp 141,4 juta. [asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
motor bobber terbaru,
#
bmw concept r18,
#
triumph bobber tfc,
#
harley davidson low rider s,
#
honda rebel,
#
yamaha bolt