MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah BMW R 18 First Edition yang Bikin Ariel Noah Jadi Pemilik Pertamanya

DEC 01, 2020@09:00 WIB | 190 Views

BMW Motorrad Indonesia baru saja merilis motor terbarunya, BMW R18 First Edition. Motor bergaya klasik penerus konsep motor BMW R5 rilisan tahun  1936 ini merupakan jenis cruiser pertama dari keluarga motor BMW yang rilis pertama kali di Indonesia. Lantas sespesial dan seistimewa apakah motor yang dimiliki Ariel Noah pertama kali ini?

BMW R18 First Edition selain hadir dengan citarasa unik juga membawa mesin boser terbesar  dibanding lini yang sudah ada. Kendati demikian beberapa dari BMW R5 masih digunakan dalam BMW R18 seperti mesin Boxer 2 silinder, kopel yang dibiarkan terbuka, chasis double loop tubular, dan suspensi teleskopik di bagian depan. Bahkan, knalpotnya dibikin serupa sirip ikan. Kendati desainnya historikal, BMW R18 memiliki fitur canggih dengan teknologi modern.

Itulah salah satu alasan Ariel Noah tertarik untuk memiliki BMW R 18 First Edition ini dan menjadi pemilik pertama di Indonesia. Bahkan Vokalis band Noah, bernama Nazril Irham itu didapuk jadi Brand Ambassador BMW R 18. Ariel yang lekat dengan merek motor asal Jerman ini pun sudah ada rencana khusus dengan tunggangan barunya.

Hal lain yang membuat Ariel terpesona dengan BMW R 18 ialah karena karakternya yang berbeda dengan model-model BMW Motorrad yang saat ini Ariel miliki. BMW R 18 diyakininya bisa bikin perjalanan jauh bermotor kian menyenangkan.

Mesin dan Bobot

BMW R18 menggunakan mesin boxer berkapasitas 1.802 cc, 2 silinder, mesin boxer dengan kapasitas terbesar yang pernah dibuat BMW Motorrad yang mampu mencapai 91 hp dengan torsi maksimal 158 Nm. Ada pula system fuel injection, BMS-K + electronic engine management.

Untuk bobotnya juga terbilang cukup berat yakni mencapai total 340 kg. Hanya saja, karena joknya pendek pengendara enggak perlu takut kaki bakalan jinjit. Karena pengendara dengan tinggi 170 cm bisa menapak ke tanah dengan mudah.

Fitur-fitur dan Riding Mode

Motor penjelajah ini memiliki lampu LED di semua bagian lampunya. Baik di bagian depan maupun belakang sudah memakai LED. Kuncinya juga sudah memakai model keyless, dengan anak kunci untuk membuka tangki bensin. Ada juga fitur automatic stability control (ASC). Kerennya lagi ada fitur reverse assist yang bisa membuat motor bergerak mundur secara elektronik.

Tidak hanya itu, di bagian cover bawah kiri jok terdapat tuas yang berfungsi mengaktifkan reverse assist sang Cruiser ini. Dengan pengemudi bisa bisa lebih gampang mengendarai BMW R18 First Edition. Fitur ini sengaja dibuat agar memudahkan pengendara buat memindahkan motor yang bobotnya berat.

BMW R18 First Edition memiliki 3 riding mode seperti ‘Rain’ yang bisa menjaga traksi saat hujan, ‘Roll’ dan ‘Rock’ yang bisa membuat motor jadi sedikit lebih liar. Selain itu, lantaran ECU bakal memerintahkan mesin untuk jadi sedikit lebih liar, maka suspensinya tersembunyi di bagian bawah jok. Tujuannya supaya menguatkan kesan klasik.

BMW R18 generasi pertama ini termasuk yang Ariel pinang baru satu warna aja yakni hitam. Motor yang dibanderol seharga Rp969 Juta ini sudah dipesan oleh 20 orang di Indonesia selain Ariel Noah sang pemilik pertama. [asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
bmw r 18 first edition,
#
motor bmw ariel,
#
bmw,
#
bmw r5