MENU
icon label
image label
blacklogo

Hypercar Elektrik asal Bulgaria, Alieno Arcanum Berdaya 5221 Hp

JUL 13, 2018@15:00 WIB | 723 Views

Bagaikan petir yang menyambar, ketika hypercar asal Dubai, Devel Sixteen mesin dengan daya 5007 hp menggunakan mesin 12,3 liter, V-16 demgam torsi 5093 Nm mampu melaju hingga 498kpj. Davel yang bekerjasama dengan  Manifattura Automobili Torino (MAT) sampai sekarang belum menunjukkan versi produksinya.

Nah, kali ini ada mobil hypercar yang lebih mencengangkan pecinta otomotif. Mobil buatan Bulgaria ini expektasinya akan memenuhi tenaga hingga 5221 hp, dengan kecepatan tertinggi 303 mph atau 487 kpj, dan sebagai all electric. Alieno Arcanum namanya, dan bakal menggunakan Batmobile sebagai baterai yang diproduksi dari Bulgaria.

Seperti apa kontruksi powertrain elektriknya. Arcanum akan datang sebagai empat model. Model pertama, RP2 kependekan dari Raw Power menghasilkan output 2610 hp. Sedangkan RP5 menghasilkan output 5221 hp dan torsi 8800 Nm.Torsi RP5 ini tiga kali lebih besar dari torsi truk 18 wheeler.

Sektor mesin, Alieno berpenggerak axial flux electric motor di setiap roda. Jadi jika dikalikan 4 berarti ada 24 motor sebagai penghasil listrik mesin RP5. Kemampuan masing-masing motornya bisa saling me-switch satu sama lain untuk efisiensi atau cooling. Bahkan jika Anda inginkan all-wheel berfungsi menghasilkan gargantuan system, yang mampu mendistribusikan kekuatan dari roda depan atau roda belakang.

Desain bodywork juga tak lepas dari elektrisitas. Arcanum menggunakan aerodinamis aktif, robotik dan adaptif. Kemampuan robotiknya mampu mengkondisikan posisi tempat duduk, pedal, suspensi, brakes dan roda. 

Bila diamati dari rendering CAD, coba Anda cermati bentuk splitter depan dengan sudut-sudut tajam, side skirt agresif, dan wing rear active dengan sudut yang cukup ekstrim, untuk mendukung braking dari udara. Fungsi robotiknya mampu memodifikasi drag dan downforce sesuai kecepatan dan kondisi pengemudi. 

Dibagian buritan, terlihat diffuser yang tajam vertikal.  Mungkin fungsinya membuang angin dan secara keseluruhan mirip dengan Darth Vader, atau malah mirip dengan estetika pesawat seperti F-117 Night Hawk, F-22 Raptor, atau SR-71 Blackbird.

Kepala Design Arcanum, Encho Enchev menyatakan,"Pengaruh desain banyak dari film Star wars, khususnya helm Dart Vader."

Soal kapasitas baterai, mampu menampung 180 kilowatt dan memempuh jarak 1020 km. Hampir mirip dengan apa yang dijanjikan Tesla Roadster yang mampu menempuh jarak 1000 km. Sistem baterainya bertegangan 800 volt, yang bisa digunakan untuk energi tinggi dan berbahan sel graphere lithium polymer dan sebuah superkapasitor.

Setelah kelistrikan, kita lihat bahan apa yang digunakan Arcanum untuk mendesain sasis dan bodyworknya. Sasis Alieno terbuat dari carbon fiber honeycomb monocoque yang sub frame terbuat dari karbon. Bagian bawahnya diperkuat dengan bahan Kevlar, dan crumple zone pada salah satu sisi mobil. 

Bodywork full carbon, termasuk juga bagian velg. Penggunaan velg mampu menampung ukuran 19,20 dan 21 inci.  Bagian interiornya terbuat dari karbon, termasuk setir kemudi, kursi robotik, menggunakan memory foam dan bahan finishing Alcantara. [Ahs/timBX] 
 

Tags :

#
auto news,
#
hypercar electric,
#
arcanum,
#
alieno arcanum