MENU
icon label
image label
blacklogo

Hasil MotoGP Catalunya 2020: Valentino Rossi Crash, Gagal Raih Podium ke-200

SEP 27, 2020@21:00 WIB | 448 Views

Valentino Rossi mengalami crash saat balapan tinggal sembilan lap di Sirkuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Spanyol, Minggu (27/9/2020) malam WIB. Padahal The Doctor sedang bersaing ketat di baris depan diantara Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli. Ketiganya yang sama-sama rider Yamaha ini berpacu menuju podium.

Apes, Rossi terjatuh di Turn 2 saat race memasuki lap 16. Praktis ia gagal menyelesaikan balapan MotoGP Catalunya 2020 yang merupakan seri kedelapan dari Kejuaraan Dunia MotoGP 2021. 

MotoGP Catalunya 2020, Pebalap Monster Energy Yamaha itu memulai balapan dari barisan depan, tepatnya di posisi start ketiga setelah membukukan waktu 1 menit 39,129 detik pada sesi kualifikasi.

Rossi menunjukkan sebuah start solid yang dengan gesitnya menempati posisi kedua yang dibuntuti Jack Miller di belakangnya. Di lap-lap awal Franco Morbidelli memimpin di posisi terdepan.

Memasuki lap 2, Fabio Quartararo menyalip Miller yang berarti tepat berada di belakang Rossi. Hingga di lap 4, Morbidelli masih menjaga jarak dengan para pesaingnya. Ia unggul 0,4 detik di depan Rossi.

Quartararo yang nampak stabil dan terus menekan, akhirnya melibas Rossi di lap 6. Quartararo pun menempati posisi kedua dan Rossi turun ke urutan ketiga. Duel antara Morbidelli dan Quartararo tak terhindarkan.

Kian sengit, di lap 9 Quartararo berhasil memimpin balapan usai menyodik Morbidelli. Sedangkan Rossi sembari mempertahankan posisinya dari ancaman Miller ia kembali merebut posisi kedua setelah Morbidelli melebar di Tikungan 1 lap ke-14. 

Rossi dan Quartararo akhirnya bersaing di posisi dua terdepan. Sialnya, Rossi crash ketika balapan menyisakan sembila lap. Rossi gagal mengendalikan motornya ketika melewati Tikungan 2. Balapannya pun berakhir. Musnah pula asa meraih podium ke-200 dalam start ke-350 buat The Doctor.

Nasib sial ini menjadi yang kedua bagi Rossi gagal menyelesaikan balapan karena crash. Sebelumnya pada MotoGP Emiliar Romagna Rossi juga crash. 

Sebelumnya di MotoGP Catalunya 2020 sudah ada Johann Zarco, Andrea Dovizioso, dan Pol Espargaro yang juga sudah out.

Di akhir MotoGP Catalunya 2020, Fabio Quartararo berhasil mempertahankan posisi terdepan dan keluar sebagai juara. Sedangkan Morbidelli harus menerima kenyataan di posisi keempat setelah pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, finis di urutan kedua dan Alex Rins di posisi ketiga. [asl/timBX]

Tags :

#
hasil motogp catalunya 2020,
#
valentino rossi,
#
fabio quartararo