MENU
icon label
image label
blacklogo

Tolak Dana Lebih Besar, Ini Alasan Tim VR46 Racing Team Memilih Sponsorship Pertamina Enduro

MAR 25, 2024@19:00 WIB | 198 Views

Tahun 2024 ini menjadi yang pertama bagi Pertamina Lubricant dan VR46 Racing Team menjalani partnership. Durasi kerjasama kedua pihak selama 3 tahun kedepan, bukanlah tanpa alasan. Lebih pada chemistry yang sama dan emosional yang mendalam antara sosok Valentino Rossi dan Pertamina Enduro sebagai brand lokal yang mendunia. 

Pertamina Lubricant sebagai produsen dari brand Pertamina Enduro pun mencatat sejarah besar. Pertama kali melangkah menjadi sponsor utama tim MotoGP, Pertamina Lubricant berharap produknya lebih bisa diterima secara global. Setelah sebelumnya melalui Pertamina Fastron berhasil menggandeng tim balap Lamborghini Squarda Corse untuk periode 2023-2025.  Sebagai puncak selebrasi Pertamina bakal menggelar Tur Enduro Nobar MotoGP di 20 Kota di Indonesia.

"Secara branding Pertamina Lubricants, memberikan sponsorship lebih tepat saja memilih klien VR46 Racing Team. Tahun ini kita menjalani kontrak tahun pertama. Tujuannya branding jelas, untuk mendongkrak penjualan domestik mampun internasional. Dan jelas tujuan Nobar MotoGP bersama Pertamina Lubricant ini menjadi kebanggaan bersama sekaligus sejarah bersama fans Valentino Rossi," buka Werry Prayogi Direktur Utama Pertamina Lubricant saat Nobar MotoGP di Epicentrum XX pada 25 Maret 2024.

Kerjasama dengan tim VR46 Racing Team ini, pertama karena sebagai tim MotoGP, tim dan motor mereka bagus. Secara performance cukup bisa menjual. Setelah sebelumnya Pertamina Lubricant pernah mencoba sponsorship ke Formula 1, dipertengahan jalan berhenti karena tidak komitmen dan timnya tidak pernah menang. Hal ini menjadi sorotan publik.  

"Mereka (VR46 Racing Team) cukup bangga dengan berpartner dengan Indonesia (Pertamina Lubricant). Sebenarnya ini adalah keinginan pribadi Rossi. Banyak brand lubricant lain, menawarkan dana sponsor lebih besar dari kita. Satu-satu sponsor dari Asia Tenggara, karena Rossi merasa fans base terbesarnya setelah Italia ada di Indonesia. Bahkan Rossi mengakui fans terbesar Rossi lebih besar dari fans di negaranya sendiri. Kerjasama partnership ini berlangsung tiga tahun kedepan, diharapkan bisa menggapai prestasi yang diraih. Tentunya Nobar MotoGP ini bisa menggairahkan dunia balap motor melalui IMI," buka Werry Prayogi saat membuka Nobar MotoGP. 

Tim VR46 Racing Team, secara kelas bukan tim besar. Berasal dari sebuah kampung di Italia.  Disitulah, dirinya menemukan chemistry, bahwa Rossi dan timnya, cukup menghargai orang. Kedua Rossi juga tahu, bahwa fans terbesar mereka dari Indonesia. Bila dilihat VR46 Racing Team punya potensi besar, maka langkah Pertamina Lubricant memotivasi brand ini, terlihat dengan Pertamina Enduro melakukan branding besar di TV, Billboard, Bandara dan sebagainya. Minimal dari branding yang ada seperti SAG di Moto2, meningkat menjadi branding yang lebih tepat di tim VR46 Racing Team. 

"Kami yakin produk kami tidak kalah dengan mereka. Karena kami menyadari sebelumnya kita telat tidak melakukan langkah branding secara tepat. Kali ini kita ambil kesempatan tersebut, dengan partnership Pertamina Enduro menjadi pelumas MotoGP dari tim VR46 Racing Team," terangnya.

Sesimpel Pertamina Enduro bikin produk untuk mesin Desmosedici GP23, tinggal beli aditifnya aja, dari perusahaan ( kurang dari 20 perusahaan) yang jual aditif. Hanya 4 company besar yang mendistribusikan produk aditifnya kesemua perusahaan pelumas di dunia. Pertamina sudah tersupport dengan 4 perusahaan tersebut. Buktinya, Pertamina Enduro Kerjasama dengan VR46 Racing Team, sementara Pertamina Fastron Lamborghini Squarda Corse menjadi jawaban atas langkah Pertamina agar branding pelumlas lebih popular dan mendunia. 

"Saya lihat penampilan Marco Bezzecchi, sedikit over confident kali ini, disamping problem teknisnya. Termasuk Fabio Di Giannantonio yang dua kali terjatuh di sprint race Qatar, namun ketika balap tampil ke-7. Begitu juga dengan Bezzecchi  yang podium 6 di MotoGP Portugal. Spirit mereka ini yang harus dijaga untuk tampil konsisten di 10 besar. Ujungnya, kita bangga, produk nasional bisa berkibar dikelas utama MotoGP. Kita nonton MotoGP 2024 ini jauh lebih enak kan, dengan warna khas stabilo VR46 Racing Team. Kedua pembalap ini punya prestasi bagus di tahun 2023 dan kini kita melihat jejak konsisten dua pembalap tersebut," imbuhnya. [Ahs/timBX]

Tags :

#
pertamina lubricant,
#
pertamina enduro,
#
vr46 racing team,
#
valentino rossi,
#
werry prayogi,
#
tur enduro nobar motogp

X