MENU
icon label
image label
blacklogo

GSX RR Menang Sepertiga Body atas RC213 V di BritishGP 2019

AUG 26, 2019@08:00 WIB | 310 Views

Persaingan di dunia balap MotoGP kian hari semakin memanas dan menegangkan. Ditambah pencapaian prestasi Alex Rins pebalap Team Suzuki Ecstar MotoGP yang menutup seri Silverstone GP, Inggris dengan meraih podium pertama, serta aksinya di atas GSX-RR melakukan overtaking jelang garis finish dinilai sangat berani dan jarang terjadi di gelaran MotoGP.

Meski memulai balap dengan posisi start yang kurang menguntungkan, namun strategi dan konsistensi apik terus dilakukan oleh Alex Rins hingga menjelang 1/3 akhir balapan. Kondisi GSX-RR bernomor 42 itu pun melaju tanpa mengendur sedikit pun.

Kematangan dan kepresisian bakat Alex Rins dibuktikan melalui cara taklukan batasan menyisihkan para pebalap papan atas lewat permainan yang bersih di lintasan sirkuit Silverstone.

Marquez meluncur dengan dibuntuti Rossi dan Alex Rins yang berhasil merangsek di posisi tiga. Alex Rins mencatatkan waktu terbaiknya 2.00.105 detik di 3 lap awal. Setelah tak lama Rins berhasil melewati Rossi dengan menatakan waktu terbaiknya 2.00.198 detik saat memasuki lap ke-4.  Sedangkan Rossi di posisi ketiga menempatkan catatan lap terbaik 2.00.938 detik di lap ke-4.

Memasuki lap ke 7, Vinales yang notabene sudah mengurangi berat tangkinya berhasil menempel Rossi dan  berhasil menyalipnya.  Terjadi tiga pertandingan panas, antara Rins dengan Marc, Rossi dengan Vinales dan row 3 antara Crutchlow dengan Mobidelli.

Gap antara Rins dengan Marc cukup dekat sekitar 0,361 detik saat lap ke-7. Itu membuktikan bahwa performa GSX RR tidak kalah jauh dengan Honda. Dan di laps ke-8 Rins berhasil menyalip Marc di tikungan, namun tak lama kemudian Marc kembali menyalip Rins.

Memasuki lap kesepuluh dan kesebelas, kedua pembalap Rins dan Marc berhasil mencatatkan waktu terbaiknya. Marc menembus catatan 1 menit 59, 936 detik di lap kesepuluh. Sedangkan Rins mendekati di catatan 1 menit 59,941 detik di lap ke sebelas. Hal itu menunjukkan gap keduanya cukup tipis.

Masuk ke putaran 14, posisi Rins kedua dan Vinales ketiga tercatat gap 1.482 detik.  Idealnya pertempuran itu tidak boleh direcoki oleh Vinales, biar terlihat rivalitas antara Rins dan Marquez yang semakin dekat terpaut 0,459 detik di lap ke-17, bahkan menyentuh 0,259 detik.  

Detik-detik terakhir jelang garis finish, Alex Rins melakukan aksi overtaking dramatis yang dinanti-nanti hingga membuat fans bersorak gembira. Barangkali aksinya tersebut suatu kejutan yang tak diprediksi oleh lawannya. 


Tercatat, Alex Rins berada di posisi pertama saat bendera dikibarkan dengan selisih waktu 0,013 detik dari pebalap yang posisinya berhasil ia ambil alih beberapa meter sebelum garis finish.

Dengan gaya dragnya, Alex Rins menoleh ke Marc, membuktikan dirinya sudah masuk 1/3 body lebih awal digaris finish ketimbang Marc yang lebih lamban 0,013. 

Podium 1 kedua di musim MotoGP 2019 ini menjadi buah kebahagiaan tidak hanya bagi Alex Rins, namun juga untuk Team Suzuki Ecstar MotoGP dan seluruh fans Suzuki di dunia. Pengembangan yang dilakukan para ahli di Suzuki kepada GSX-RR memperoleh titik terbaik untuk saat ini, dan akan terus ditingkatkan lebih jauh lagi untuk seri-seri lainnya.

Alex Rins menghuni klasemen ketiga sementara mengantongi 149 poin, diatas Danilo Petrucci 145  poin di posisi keempat. Sedangkan Dovizioso bertengger di posisi kedua dengan 172 poin, dibawah Marquez yang mengantongi 250 poin.  Ini sekaligus mengulangi kesuksesan Vinales di tahun 2016 saat menunggangi Suzuki GSX RR, dan di sirkuit yang sama, GSX RR cukup kencang melibas Honda  RC213V walau hanya 1/3 body saja. [Ahs/timBX]

Tags :

#
alex rins,
#
gsx rr,
#
suzuki ecstar,
#
marc marquez,
#
honda rc213 v,
#
motogp silverstone 2019