MENU
icon label
image label
blacklogo

Grand Prix Spanyol Dipastikan Masuk Kalender F1 2020

AUG 30, 2019@13:00 WIB | 386 Views

Grand Prix Spanyol akan tetap ada di kalender Formula 1 musim depan setelah mencapai kesepakatan baru untuk 2020. GP Spanyol juga tetap akan diselenggarakan di Barcelona.

GP Spanyol, yang menjadi satu-satunya balapan di Spanyol ini sempat terancam tak dilanjutkan. Akan tetapi pihak pengelola sirkuit Barcelona telah menandatangani perjanjian, sehingga Spanyol kembali dapat menjadi tuan rumah untuk satu tahun lagi.

Pengelola sirkuit itu telah mengumumkan bahwa mereka akan menerapkan rencana strategis dengan keinginan untuk membuat proyek yang lebih besar. Rencana strategis itu terkait dengan fasilitas dan serta kelayakan dari untuk mengadakan acara tersebut. Rencana tersebut akan berfungsi sebagai kerangka kerja untuk mendefinisikan peran jangka panjang yang harus dimiliki F1.

Menurut pihak F1, lebih dari setengah juta penonton telah menghadiri balapan selama tiga tahun terakhir. Data dari sirkuit juga menunjukkan bahwa Grand Prix tahun ini mampu menghasilkan 163 juta euro.

CEO F1, Chase Carey, mengatakan semua pihak akan berusaha untuk menyetujui kesepakatan jangka panjang dalam beberapa bulan mendatang. Mereka juga berterima kasih kepada presiden Catalan Quim Torra untuk "dukungan penting" selama negosiasi.

"Keputusan untuk terus menggelar acara motorsport bergengsi di Spanyol, negara dengan tradisi balap motor yang hebat, merupakan bagian dari strategi kami untuk mempertahankan akar Eropa di Formula 1. Selain itu juga [hal ini adalah upaya] memperluas kompetisi ke wilayah baru," kata Carey.

"Kesediaan promotor untuk menjadi bagian dari Formula 1 memasuki 2020 adalah bukti kemampuan olahraga untuk bertindak sebagai protagonis bagi daerah yang ingin mengadakan acara kelas dunia. Dan ini juga memiliki dampak positif pada ekonomi daerah.”

"Dalam beberapa bulan mendatang, kami akan melanjutkan diskusi untuk melihat apakah kami dapat memperpanjang hubungan yang menguntungkan ini."

Kontrak baru ini mengindikasikan Italia dan Jerman menjadi balapan yang berisiko hilang untuk 2020 mendatang.

Lima dari kalender 21 balapan musim ini memiliki kesepakatan yang akan berakhir, yakni: Spanyol, Jerman, Inggris, Italia dan Meksiko.

Dengan Grand Prix Belanda dihidupkan kembali dan balapan baru di Vietnam ditambahkan untuk musim depan, serta tim hanya menyepakati jadwal 22 balapan, F1 sedang mempersiapkan menghilangkan salah satu balapan yang ada.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
grand prix spanyol,
#
formula 1,
#
kalender f1 2020