MENU
icon label
image label
blacklogo

Geely Bertekad Kuasai Saham Daimler

FEB 15, 2018@17:00 WIB | 162 Views

Geely dilaporkan berencana untuk menjadi pemegang saham terbesar Daimler, mengutip laporan Bild am Sonntag dari Jerman. Pembicaraan produsen mobil Cina tersebut yang berniat membeli saham di Daimler bukanlah hal baru.

Sebenarnya, pabrikan Jerman itu pernah menolak tawaran dari Geely untuk mengambil saham hingga 5 persen melalui penempatan saham diskon November lalu. Pada saat itu, Daimler mengatakan Geely dipersilahkan untuk membeli saham di pasar terbuka. Tampaknya manufaktur Cina tersebut langsung melakukan hal itu.

Pemegang saham terbesar Daimler saat ini adalah Kuwait Investment Authority, dengan 6,8 persen. Jika laporan ini terbukti akurat, Geely bisa berada di ambang untuk melampaui prosentase itu. Pemegang saham terbesar kedua Daimler adalah BlackRock dengan 6 persen.

Automotive News melaporkan bahwa Geely sangat ingin mendapatkan teknologi baterai mobil yang canggih milik Daimler. Selain itu, merek tersebut dikatakan ingin membangun usaha patungan mobil listrik dengan Daimler di Wuhan, Cina.

Geely sudah memiliki saham dominan di Volvo dan Lotus, sementara Daimler memiliki perusahaan patungan Cina yakni BAIC Motor Corp dan BYD. [bil/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
geely,
#
daimler