MENU
icon label
image label
blacklogo

FCA Kembangkan Paduan Aluminium dan Tembaga agar Silinder Head lebih Tahan Panas

JUL 09, 2018@22:00 WIB | 207 Views

(Head silinder yang dibuat dari campuran aluminium alloy dan copper untuk mengurangi panas)

Dunia engineering, sedang mengejar sebuah  formula yang bisa meningkatkan kinerja tanpa mengorbankan efisiensi. Sedangkan di dunia otomotif, itu berarti mesin menghasilkan tenaga kuda yang melimpah, namun dengan bahan bakar yang irit. 

Dalam hal ini Fiat Chrysler Automobiles (FCA) telah menghasilkan paduan aluminium baru yang dapat menahan panas lebih baik saat mesin melaju, dan rasio kompresi dapat ditingkatkan pada mesin turbocharged.

Teknologi ini disebut dengan ACMZ, yang melibatkan campuran tembaga sebagai komponen penguat. Sedangakn kebanyakan komposisi aluminium memiliki kandungan silicon, yang memberikan perlindungan panas di silinder head hingga 392 derajat Fahrenheit. 

Melalui campuran ACMZ, kepala silinder mampu menahan suhu hingga 572 derajat Fahrenheit. Materi ACMZ didukung oleh pengembangan federal USD3,5 juta. Padahal mesin lain mengalami masalah aluminium suhu yang sama, namun tidak menggunakan tembaga. Pengembangan mesin FCA ini bersama dengan Oak Ridge National Laboratory, dan memiliki keunggulan kompetitif.

Teknologi ACMZ juga mempersempit celah (bridge) di kepala silinder, antar area katup, busi dan injektor bahan bakar. Dengan demikian, ruang katup menjadi lebih besar, space untuk busi kedua, dan lebih banyak menawarkan fleksibilitas untuk menemukan keseimbangan kekuatan, sekaligus efisiensi yang diaplikasikan pada kendaraan tertentu.

Kinerja Oak Ridge menggunakan teknologi Titan supercomputer untuk membantu menciptakan 50 resep campuran aluminium alloy dan copper. Akhirnya diharapkan mampu mensimulasikan pendingin head dan kinerja mesinnya. Teknologi Titan Supercomputer menghilangkan trial and error bagi pada engineer pada level atomic. 

ACMZ bukanlah materi baru, dan pada akhirnya akan tersedia untuk kebutuhan perusahaan lain melalui kemitraan pemerintah. Meski, belum diproduksi secara mass, namun pengujian materi ACMZ pada material kepala silinder telah berjalan hingga detik ini. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
acmz,
#
oak ridge,
#
fca