MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Grosjean Alami Kecelakaan, Pembalap Ini Bakal Jadi Pengganti di Grand Prix Sakhir

DEC 01, 2020@14:00 WIB | 171 Views

Pietro Fittipaldi akan melakukan debut Formula 1 bersama tim Haas di Grand Prix Sakhir sebagai pengganti Romain Grosjean yang mengalami cedera.

Grosjean mengalami luka bakar di tangan dan pergelangan kakinya dalam kecelakaan mengerikan dengan kecepatan 137mph, 53G pada lap pembuka Grand Prix Bahrain hari Minggu (29/11/2020) yang mengakibatkan mobil Haasnya terbelah menjadi dua dan dilalap api.

Sang pembalap Prancis saat ini sedang memulihkan diri dari luka-lukanya di rumah sakit dan diperkirakan akan keluar pada tengah pekan ini.

Tapi Grosjean telah absen dari balapan kedua akhir pekan ini yang akan diadakan di Bahrain dan Haas kemudian memutuskan untuk menggantikannya dengan Fittipaldi, cucu dari Emerson yang menjadi juara dunia F1 di masa lalu.

"Setelah diputuskan bahwa hal terbaik bagi Romain (Grosjean) adalah melewatkan setidaknya satu balapan, pilihan untuk memasukkan Pietro (Fittipaldi) ke dalam mobil cukup mudah," kata Guenther Steiner yang menjabat sebagai kepala tim F1 Haas.

“Pietro akan mengendarai VF-20 dan dia mengetahui kami telah berada di sekitar tim selama dua musim terakhir sebagai test-driver dan cadangan. Itu hal yang benar untuk dilakukan dan ini jelas merupakan kesempatan yang bagus untuknya.

“Dia bersabar dan selalu siap untuk kesempatan ini, dan sekarang telah tiba. Itulah mengapa kami ingin dia ada di dalam mobil dan saya yakin dia akan melakukan pekerjaannya dengan baik. Sangat sulit untuk dipanggil di menit-menit terakhir, tapi seperti yang saya katakan, saya pikir itu hal yang tepat untuk dilakukan untuk tim Haas."

Fittipaldi tidak pernah mengemudikan mobil VF-20 2020 milik Haas, tetapi dia telah melakukan sejumlah tes pada mobil tim 2018 dan 2019 dalam perannya sebagai test-driver dan cadangan resmi untuk tim asal Amerika Serikat.

Pria Brasil berusia 24 tahun itu memenangi gelar Formula V8 3.5 2017 dan sejak itu telah membalap di IndyCar, DTM, Super Formula, dan Asian F3 bersama dengan komitmen Haas-nya.

“Yang terpenting saya senang Romain (Grosjean) aman dan sehat,” ungkap Fittipaldi. “Kami semua sangat senang cederanya relatif kecil setelah insiden besar ini.

“Jelas, ini bukan situasi yang ideal untuk mendapatkan kesempatan pertama saya berkompetisi di Formula 1, tapi saya sangat berterima kasih kepada Gene Haas dan Guenther Steiner atas kepercayaan mereka untuk menempatkan saya di belakang kemudi akhir pekan ini.

“Saya sudah sering bersama tim, baik di sisi trek maupun mengerjakan sesi simulator, jadi saya terbiasa dengan prosedur operasi tim pada akhir pekan grand prix. Saya siap untuk debut.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
pietro fittipaldi,
#
grand prix sakhir,
#
formula 1 2020,
#
romain grosjean