MENU
icon label
image label
blacklogo

F1: Cyril Abiteboul Optimis Renault Bertahan di Formula 1

NOV 02, 2019@12:00 WIB | 1,711 Views

Cyril Abiteboul optimis Renault bakal mempertahankan komitmen untuk tetap membalap di ajang Formula 1 sebelum para petinggi perusahaan meninjau keikutsertaan tim dalam olahraga tersebut.

CEO sementara Renault, Clotilde Delbos, mengonfirmasi pada awal bulan Oktober bahwa perusahaan akan melakukan tinjauan mendalam atas cetak biru ‘Drive the Future’ untuk masa depan Renault. Tinjaun itu sebagian membahas tentang keikutsertaan timnya pada F1 setelah musim 2020.

Ketua Renault F1, Abiteboul, mengatakan para petinggi perusahaan akan membuat keputusan setelah presentasi kontrak komersial antara F1 dan tim yang akan menggantikan Concorde Agreement pada akhir 2020.

“Saya tidak mengatakan peraturan finansial sekarang ini bukan seperangkat peraturan yang baik, karena kami memberikan dukungan penuh sejak hari pertama. Saya pikir ini adalah jalan terbaik untuk menempatkan sedikit akal sehat dalam hal pengeluaran tim dan untuk membuat pertunjukan yang lebih dinamis,” kata Abiteboul.

“Kami memberikan dukungan penuh dan kami juga sangat mendukung peraturan dana hadiah baru, yang lebih adil. Kami sangat mendukung serangkaian peraturan olahraga dan teknis baru yang mengarah ke arah yang benar. Itu akan diperhitungkan oleh Renault, yang akan disajikan kontrak baru untuk periode 2021 hingga 2025, dan kami akan menilai apakah kami ingin mendaftarkan [tim kami] dalam persyaratan tersebut.”

“Istilah-istilah baru itu lebih baik daripada yang ada sekarang ini, jadi saya tidak punya alasan untuk percaya bahwa mereka akan ditolak. Tetapi jika mereka tidak diterima, itu hal yang berbeda."

Sementara Abiteboul enggan berbicara atas nama petinggi Renault tentang komitmennya terhadap F1, ia merasa kondisi tim jauh membaik ketika memutuskan kembali pada tahun 2015.

"Saya tidak bisa memberi tahu Anda dan saya tidak bisa mengatakannya," kata Abiteboul tentang keputusan Renault. "Maaf saya tidak dikonfirmasi untuk membuat lebih dari apa yang telah saya lakukan. Mari ikuti prosesnya.”

"Tapi sebaiknya kita optimis. Jika semuanya lebih baik daripada yang ada sekarang ini, saya tidak melihat mengapa kita akan sampai pada posisi yang berbeda dengan apa yang kita lakukan pada tahun 2015. Memang pasar telah berubah dan hasil olahraga adalah sebagaimana adanya.”

“Yang paling penting adalah kemampuan memproyeksikan diri dengan rasa percaya diri dengan segala hal yang masuk akal. Menurut saya, apa yang akan kita dapatkan dari 2021 bisa menjawab banyak pertanyaan.”

Setelah musim 2020, Renault akan tanpa tim pelanggan karena keputusan McLaren untuk bekerja sama dengan Mercedes mulai 2021.[ade/hsn/timBX]

Tags :

#
cyril abiteboul,
#
renault,
#
formula 1