MENU
icon label
image label
blacklogo

Dua Royal Enfield Siap Mengaspal di Indonesia

APR 02, 2019@10:29 WIB | 734 Views

Produsen motor bergaya klasik, Royal Enfield, dikabarkan bakal merilis dua tunggangan terbarunya untuk pasar Indonesia. Kedua motor tersebut adalah Continental GT 650 dan Interceptor 650. Menurut informasi yang berhasil dihimpun, belum diketahui secara pasti kapan detail waktu peluncuran motor berkubikasi besar tersebut.

Adapun, PT Distributor Motor Indonesia (DMI) selaku agen pemasar Royal Enfield di Indonesia belum juga dapat memastikan berapa besaran biaya yang harus disediakan konsumen jika ingin menebus kedua kuda besi tersebut. Namun sebagai gambaran,  harga Interceptor di Inggris yakni 5.299 Poundsterling, atau hampir 98,5 juta rupiah ditambah pajak. Sedangkan, di Amerika Serikat banderolnya 5.799 dolar Amerika atau 82,5 juta rupiah plus pajak.

Sementara itu, model Continental GT di Inggris dijual 5.499 Pound atau 102 juta rupiah, belum termasuk pajak. Sedangkan di Amerika Serikat, motor itu dibanderol 5.999 dolar Amerika 85,4 juta rupiah plus pajak. Jika masuk ke Tanah Air, bisa saja harganya naik dua kali lipat. Alasannya, kendaraan beroda dua dengan kapasitas mesin besar dikenakan pajak yang sangat tinggi.

Direktur Pemasaran PT DMI Ade Sulistioputra mengatakan penetapan harga belum ditetapkan secara pasti dikarenakan pihaknya tengah mempertimbangkan estimasi biaya dan besaran pajak lainnya.

“Kalau sudah selesai, baru diluncurkan,” ujarnya.

Ade juga menyebut, PT DMI mendapatkan respon positif dari pasar terkait rencana launching motor baru tersebut. Hal itu dibuktikan dengan cukup banyaknya permintaan dari masyarakat yang memesan Continental GT 650 dan Interceptor 650.

“Kami belum buka inden, meski banyak yang tanya dan ingin pesan, karena harganya belum keluar," ungkapnya.

Masuknya Continental GT 650 dan Interceptor 650 diperkirakan akan membawa Royal Enfield pada era baru, apalagi keduanya mengandalkan mesin berjenis dua silinder. Sebab, produsen otomotif asal Inggris yang besar di India tersebut selama ini dikenal dengan kehandalan mesin single cylinder. Terakhir kali, Royal Enfield mengusung mesin ganda adalah pada medio 1970-an.

Dengan kapasitas mesin 648 cc, Continental GT 650 maupun Interceptor 650 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 47 hp di 7.250 rpm dan torsi maksimal 52 Nm pada 5.250 rpm.

Motor ini juga disebut punya torsi besar di putaran bawah. Bahkan, pada putaran mesin 2.500 rpm saja torsinya bisa mencapai 80%. Satu lagi yang tak kalah penting adalah mesin dua silinder itu lebih minim getaran dibanding mesin satu silinder Royal Enfield lain.

Tags :

#
royal enfield,
#
continental gt 650,
#
interceptor 650