MENU
icon label
image label
blacklogo

Diluar Proses Hypercar Valkryie, Aston Martin Munculkan Sketsa Alien Hypercar

SEP 30, 2018@11:00 WIB | 2,177 Views

Valkryie Hypercar diperkenalkan 8 Juli 2018 lalu saat gelaran Formula 1 GP Inggris akan digelar. Hypercar baru besutan Aston Martin tersebut rencananya bakal rilis tahun 2019 mendatang.  Dengan basic mesin 6.5 liter, V12 dilengkapi electronic motor, naturally aspirated menghasilkan tenaga 1050-1100 bhp. Hypercar ini dianggap aneh bila suatu waktu nanti Anda lihat di jalanan umum, karena hanya sebagai mobil balap seperti di kejuaraan Le Mans misalnya. Nah, mungkinkah Aston Martin membuat spek hypercar untuk di jalanan umum lainnya?

Diluar Valkryie, Aston Martin rupanya mempersiapkan sosok hypercar lain yang telah terwakili dalam sebuah sketsa.  Meski hanya sebuah sketsa, namun pengamat otomotif sebagian memprediksinya sebagai mobil yang bisa digunakan harian, karena memiliki ruang bagasi. Aston Martin memberinya nama Project 003  dan itu bukan Project One milik Mercedes tentunya.

Rumornya, Aston Martin Project 003 yang tidak memiliki bentuk rendering ini akan melibatkan kerjasama antara tim desain Aston Martin dengan Andrian Newey sebagai perwakilan tim aerodinamis F1. Newey sendiri sekarang terlibat pada setup aerodinamis under body yang terlalu ekstim pada tim F1 Red Bull. Akibatnya, mobil rancangannya tidak bisa berjala karena  terlalu radikal dan ekstrim menurut aturan yang diberlakukan F1.

Loz Blain, penulis otomotif dari lama Newatlas.com  melihatnya lineage yang sempurna sebagai produk yang sempurna. Terutama untuk mengadopsi gaya roadster yang lebih humanable, dibanding Valkyrie yang hanya untuk pembalap.  Meski hingga saat ini tidak ada garis yang jelas antara supercar menjadi hypercar. Namun  mungkin bisa digarisbawahi bahwa mobil dengan 1000 hp dari mesin mid engine dengan turbocharged dari mesin hybrid.  Torsi elektroniknya membantu meluncur dari garis dan cukup mengejutkan bila kecepatannya lebih dari 3 detik untuk 0-96 kpj.

Aston Martin mengharapkan teknologi aerodinamikanya aktif, itu menyebabkan downforce yang cukup untuk memenuhi kriteria sebagai mobil legal di jalan raya.  Keterlibatan Newey bisa menjadi understatement. Rencananya project 003 hanya diciptakan 500 unit, baik untuk steer kemudi kiri dan kanan. Seperti halnya Varlkyrie memiliki ruang cockpit yang sempit.  Project 003 bakal muncul tahun 2021 bila sesuai rencana.

Sebenarnya diluar project 003, Aston Martin cukup sibuk untuk menyelesaikan Valkyrie, Rapid E, Replika DB5, Lagonda, dan Vantage untuk market remaja. Selain itu Aston Martin juga terlibat dalam desain kapal selam ultra premium dan membangun konsep mobil terbang VTOL. Kita tunggu saja, seperti apa Aston Martin mengumbar kemajuan teknologinya untuk menunjukkan keberhasilan atau menyerah sama sekali melawan perkembangan teknologi. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
aston martin,
#
aston martin project 003,
#
hypercar valkryie