MENU
icon label
image label
blacklogo

Dengan Teknologi Ini, Nantinya Motor Bisa Komunikasi dengan Mobil

MAY 27, 2018@17:00 WIB | 377 Views

Perkembangan teknologi keselamatan semakin pesat. Bosch, perusahaan asal Jerman ini telah mengembangkan peranti keselamatan berkendara. Dengan mengaktifkan komunikasi antara sepeda motor dan mobil, Bosch menciptakan perisai digital untuk pengendara sepeda motor.

Dalam radius beberapa ratus meter, kendaraan bisa saling bertukar informasi tentang jenis kendaraan, kecepatan, posisi, dan arah perjalanan hingga sepuluh kali per detik. Jauh sebelum sepeda motor terlihat, teknologi ini memperingatkan pengemudi dan sensor di kendaraan mereka bahwa ada sepeda motor mendekat.

Dengan begitu mereka dapat mengemudi secara lebih baik dan aman. Standar WLAN publik (ITS G5) digunakan sebagai dasar untuk pertukaran data antara sepeda motor dan mobil. Waktu transmisi yang hanya beberapa milidetik antara pemancar dan penerima menandakan para pengguna jalan dapat menghasilkan dan mengirimkan informasi penting yang berkaitan dengan situasi lalu lintas.

Lebih jauh lagi, mereka pun bakal memiliki teknologi panggilan penting. Ia memakai basis algoritma kecelakaan cerdas, eCall mendeteksi manakala pengendara motor mengalami dalam kecelakaan, secara otomatis mengirimkan panggilan darurat, dan memberikan informasi kepada layanan darurat mengenai tipe kendaraan dan posisinya.

Jika kendaraan roda dua tersebut mengalami kerusakan, bCall secara terpisah menghubungi bengkel dan mengirimkan informasi yang dibutuhkan. iCall adalah asisten yang sangat membantu di jalan mana pun. Dengan demikian, untuk mengakses informasi layanan – seperti mencari lokasi SPBU terdekat, menjadi sederhana dan mudah. Luar biasa bukan? (alx/timBX)

Tags :

#
dengan teknologi ini,
#
nantinya motor bisa komunikasi dengan mobil,
#
bosch