MENU
icon label
image label
blacklogo

Comma.ai, Free Software untuk Self Driving di Mobil Acura ILX 2016

JAN 02, 2018@22:30 WIB | 250 Views

Teknologi  autonomous  cars  bekerja menggunakan antara hardware dan software. Namun bagaimana bila sebuah software yang menggerakkan mobil Anda secara otomatis.  Padahal software rentang sekali di hack, dan itu menyebabkan akibat fatal. Comma.ai membagikan software untuk aplikasi menyetir mobil sendiri. Bagaimana sih cara kerjanya?

Adalah George Hotz pertama kali menciptakan Geohot, seorang pria yang telah mengunlock iPhone 3G, untuk meng-hack PS3 dan banyak lagi. Nah, melalui kit dari dashboard cam atau dashcam menganalisis data dari sensor mobil dan mengawinkannya dengan menggunakan smartphone data  yang dikreasikan dengan teknologi AI. Perangkat lunak sekarang telah memasuki versi 0.4.

Dengan Comma.ai, tidak lagi menggunakan driver.  Ujicoba dalam video dengan durasi 9 menit autopilot telah menunjukkan kesuksesan. Antara kamera dan data memadukan kinerja Hotz dan Comma.ai. “Saat ini kami membangun komponen yang dibutuhkan untuk memiliki system penggerak self drive yang benar-benar mampu dikonsumsi masal."

Sebelumnya, di musim panas, George Hotz telah mengembangkan  Panda, sebuah dongle yang tersambung pada ODB port dari mobil Anda. Fungsinya untuk menyerap semua informasi, dan merupakan bagian dari self driving yang dikembangkan sekarang. Permasalahan sekarang ini, bagaimana membawa software ini sebagai software yang legal digunakan siapapun.

Sedangkan Comma.ai memutuskan Desember lalu telah memberikan  self driving retrofit software.  Rencananya awal Comma.ai sebagai perangkat mobil yang dijual USD1000, itu juga setelah keputusan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) meloloskan keamanan alat ini. Disisi lain DMV California, memutuskan surat pemberhentian software ini dan menariknya dari pasar.

Nah, Comma.ai, telah mulus mendukung self driving di mobil Acura ILX 2016, AcuraWatch Plus dan Honda Civic Touring Edition 2016. “Saat ini aplikasi ini dapat di unduh di Github. Kami telah kembangkan fungsi Adaptive Cruise Control (ACC) dan Lane Keeping Assist System untuk Honda dan Accura.” Teknologi ini telah setara dengan apa yang dikembangkan Tesla Autopilot.

Meski belum lulus regulasi, software Comma.ai masih merupakan versi awal yang memungkinkan perbaikan lebih lanjut. Saat ini kualitasnya masih Alpha, belum Beta. Jadi buat Anda pemilik mobil Honda tipe tersebut, cobalah untuk menggunakan Comma.ai di jalan bebas hambatan, agar bisa dinilai kekurangan dan kelebihannya.[Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
comma.ai,
#
self driving,
#
acura ilx,
#
acurawatch plus,
#
honda civic touring edition 2016