MENU
icon label
image label
blacklogo

Chevy Corvette 2019 Dites Dyno, Tenaganya Lebih Jinak

APR 07, 2018@17:00 WIB | 112 Views

Saat Anda menerima mobil baru di rumah Anda, apa yang pertama kali Anda pikirikan. Mungkin jarang sekali Anda membawanya kembali ke bengkel untuk membuktikan klaim pabrikan terkait tenaga atau torsinya seperti diatas kertas.

Video diatas menceritakan seseorang yang telah baru saja menerima Chevrolet Corvette ZR1 2019. Klaim Chevrolet atas ZR1 tenaga yang semburkan mencapai 755 hp dan torsi 969 Nm.  Namun kali ini seorang youtuber dengan akun StreetSpeed717 membuktikan klaim tersebut kesebuah bengkel race untuk melakukan pengetesan dyno.

Bengkel Race Proven Motorsport (RPM) di New Castle, ternyata menjadi langganan Mike pemilik akun StreetSpeed717, untuk membuktikan mobil ZR1 miliknya.  RPM membuktikan catatan-catatan pabrikan dengan mesin dyno untuk melihat secara nyata angka power yang dihasilkan.

Video berdurasi 5 menit tersebut memang tidak menunjukkan durasi pengetesan dyno secara keseluruhan. Skip ke menit 5:00 dan 6:45 untuk pengujian dyno pertama.  Dan dari video tersebut terjadi pengetesan dyno tiga kali berturut-turut pada Corvette ZR1. 

Hasil yang dicatatkan cukup berbeda yakni antara 664 dan 668 hp dari roda belakang.  Apabila dibandingkan dengan klaim power pabrikan sebesar 780 hp, itu berarti asumsi daya yang hilang sekitar 15 persen dari mesin ke roda.

Dari hasil tersebut, RPM mengkonfirmasi bahwa pengiriman power yang relatif jinak bila dihubungan dengan engine tuning. Kemungkinan daya maksimal akan terlecut saat menggunakan supercharger, dan  timing mesin terasa lebih agresif bisa dimanfaatkan.  Hal itu tidak mengherankan bila Chevrolet menawarkan ZR1 dengan kecenderungan relatif lebih jinak dan menjadi kesempatan peningkatan tuning saat mobil turun dari showroom. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
chevy corvette,
#
zr1,
#
streetspeed717,
#
rpm,
#
test dyno