MENU
icon label
image label
blacklogo

Bosch Siapkan Teknologi Anti Slip untuk Motor

MAY 24, 2018@10:00 WIB | 868 Views

(Fitur kontrol stabilitas lateral untuk motor mengurangi kecelakaan saat cornering)

Bosch mengembangkan teknologi baru untuk sepeda motor agar tidak tergelincir saat menikung dikondisi jalan yang basah dan licin. Biasanya dampak dari kondisi jalan ini sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kecelakaan fatal.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Bosch mengembangkan fitur kontrol stabilitas lateral yang biasanya digunakan mobil untuk motor. Inovasi ini termasuk sebuah loncatan karena motor hanya memiliki dua roda sehingga tak stabil dalam kondisi menikung.

(ledakan gas yang berfungsi untuk melawan slide lateral, saat kestabilan motor hilang)

Mengakali hal tersebut Bosch memberikan mitigasi dengan memberikan teknologi propelan airbag untuk bekerja seperti retrorocket reverse-thrust, mengeluarkan ledakan gas dari port di sisi sepeda untuk melawan slide lateral saat motor kehilangan kestabilan motor dan menjaganya agar tak jatuh ke tanah.

Perusahaan ini telah menawarkan sistem kontrol stabilitas sepeda motor (MSC) yang lebih sederhana yang mengelola pengereman elektronik dengan intervensi percepatan untuk mencegah sepeda dari lowsiding yang cukup membahayakan pemotor saat pengereman di tikungan.

(Ujicoba teknologi Bosch saat kondisi jalan basah)

Dengan inovasi ini, sepeda motor akan lebih nyaman dan aman saat digunakan khususnya pada kondisi jalan dengan banyak tikungan saat basah karena hujan atau karena penyebab lain. Bosch juga memperbaiki beberapa sistem bantuan berbasis radar untuk kontrol pelayaran adaptif, peringatan tabrakan dan pengenalan blind-spot yang akan membuat pemotor bisa mengantisipasi kondisi berbahaya. (elko/timBX)

Tags :

#
auto news,
#
bosch,
#
anti slip