MENU
icon label
image label
blacklogo

Astra Daihatsu Motor Berikan Lampu Hijau untuk Mesin 1000 cc Turbo di Market Domestik

NOV 08, 2019@20:00 WIB | 683 Views

Kehadiran Daihatsu Rocky masih menunggu kepastian kapan bakal meluncur di Indonesia.  Meski baru saja diluncurkan pada 5 November silam di Jepang, pihak Astra Daihatsu Motor masih belum bisa menanggapi kepastian peluncurannya di Indonesia.

"Hingga saat ini kami fokus melakukan studi pengembangan mesin 1000 cc dengan turbo. Jadi  saya belum tahun kapan bakal meluncur di Indonesia. Yang kami uji saat itu Daihatsu Tanto dengan mesin 600 cc dengan turbo. Saat ini kami masih dalam penelitian apakah mesin 1000 cc turbo, cocok untuk jalan di Indonesia," jelas Amelia Tjandra, marketing director Astra Daihatsu Motor usai meresmikan Turnamen Daihatsu ASTEC Open 2019 yang memasuki sesi final pada 4-9 November di GOR Tanjung Priok.

Berdasarkan hasil studi, ternyata mesin 1000 cc dengan turbo dibandingkan dengan brand lain, hasilnya cukup bagus. "Setelah kami bandingkan tidak kalah, bahkan cenderung cocok untuk aspal dan kontur jalan di Indonesia," jelasnya yang masih belum tahu persis bakal digunakan pada varian apa.

Lanjutnya, mesin Daihatsu 1000 cc turbo tersebut bukan milik mesin Rocky 2020 karena spesifikasinya berbeda. Hingga saat ini pihak Astra Daihatsu tidak terlalu gegabah untuk meluncurkan varian mobil dengan mesin kecil 1000 cc turbo.

"Jika saja trend masyarakat Indonesia menyukai penggunaan mesin kecil turbo, pasti kami akan segera merealisasikan," cetus Amelia, yang lebih menekankan segmen turbo untuk kawula muda.

Tidak bisa dipungkiri, trend MPV masih mendominasi penjualan beberapa brand. Daihatsu Sigra yang dijual di angka 4000 unit, All New Xenia juga menjadi volume maker. Dan bukan menjadi keputusan mesin 1000 cc turbo bakal diterapkan di seven seater. Sedangkan untuk Ayla dan Sirion ini memang untuk menyasar anak muda, meski penjualannya tidak terlalu banyak.

Ketika dikonfirmasi estimasi harga Daihatsu Rocky 2020, Amelia memperkirakan harga tersebut dua kali lipat dari harga di Jepang. "Jika harga mobilnya Rp100 juta, maka harga yang dipasarkan kemungkinan di Rp200 jutaan. Mengingat beban pajak yang menyamai harga dasar mobil dan ongkos kirim," aku Amelia yang sampai saat ini belum memutuskan apakah impor atau malah diproduksi di dalam negeri, karena belum ada plan.

Rocky 2020 dirancang berdasarkan Daihatsu New Global Architecture (DNGA) dengan mesin bensin 1.0 liter menghasilkan tenaga 97 HP, dengan tenaga yang didistribusikan melalui transmisi D-CVT. Daihatsu Rocky tampil dengan gril yang lebih kecil dari Toyota Raize dan bumper depan yang berbeda. 

Dengan penggerak 4 wheel drive, opsional, sistem ini disebut Daihatsu sebagai Dynamic Torque Control 4WD.  Dilengkapi dengan fitur keamanan Smart Assist, Crash Avoidance Braking Function, Erroneous Start Prevention Fungtion dengan braking control, dan fitur premium seperti Adaptive Cruise Control with all speed tracking serta Smart Panorama Parking. 

Dengan dimensi panjang 3995 mm, lebar 1695 mm dan tinggi 1620 mm. Ruang kargonya mampu menampung 369 liter dan makin bertambah bila kursi belakang dilipat.  Harga yang ditawarkan untuk Rocky 2020 mencapai Rp220 jutaan untuk market Jepang. [Ahs/timBX]

Tags :

#
astra daihatsu motor,
#
mesin 1000 cc turbo,
#
daihatsu rocky,
#
mpv daihatsu,
#
suv daihatsu,
#
daihatsu astec open 2019