MENU
icon label
image label
blacklogo

Aston Martin AM-RB 001 Hypercar yang Mengalahkan Formula One

FEB 17, 2017@13:00 WIB | 209 Views

Pabrikan mobil Inggris, Aston Martin mengkonfirmasi kehadiran hypercar AM-RB 001 dengan menggunakan mesin V12 berkapasitas 6.5 liter, naturally-aspirated yang dikembangkan oleh Cosworth.

Pihak Cosworth memiliki track record yang mumpuni di motorsport.  Kerjasamanya dengan pihak Aston Martin membuktikan bahwa perusahaan ini akan mengembangkan mesin AM-RB 001 lebih cepat dari mobil Formula Satu. Perkiraan output power yang dihasilkan mesin high-revving bakal mencapai 900 hp tanpa menggunakan forced induction.

Tidak hanya naturally aspirated, mesin AM-RB001 ini akan mendapat tambahan energi dari F1 style energy recovery system yang didapat dari energy yang dihasilkan dari braking, kemudian disimpan di dalam bateri Rimac.

Beberapa pihak yang ikut mengembangkan hypercar ini antara lain, Ricardo dengan memasok gearbox tujuh percepatan, Bosch bagian pengembangan ECU untuk AM-RB 001 dan Alcon and Surface Transforms yang memproduksi  kaliper rem milik F1 dan cakram karbon.

Pihak lain, Multimatic, akan membantu bagaimana bodywork akan dibangun dengan menggunakan monocoque serat karbon. Chief of technical officer Red Bull Racing, Adrian Newey mengatakan, "Seperti Formula One, mobil AM-RB 001 bakal dirancang, direkayasa dan dibangun dengan keterlibatan tim yang besar. Mereka dikelilingi orang-orang terbaik, terkait pengalaman, kreativitas, energi, ketekunan dan kesempurnaan yang mutlak. Bersama-sama, Kami akan menghasilkan sebuah karya inovatif yang berbasis engineering art." [Ahs/TimBx]