MENU
icon label
image label
blacklogo

Aspark Owl Supercar Electric Penantang Tesla Roadster

FEB 19, 2018@19:00 WIB | 211 Views

Tesla Roadster tercatat sebagai mobil electric tercepat di dunia 3 bulan yang lalu. Mungkin Anda bertanya-tanya, siapa automaker yang akan mematahkan rekornya. Kali ini, kami coba memperkenalkan sebuah prototype supercar electric di Jepang, yang berhasil menyamai catatan Tesla Roadster.

Aspark Owl dalam video diatas sedang diuji oleh para engineer untuk pengujian jarak pendek.  Pertama kali diperkenalkan pada Frankfrut Auto Show pada 2017 lalu. Klaim atas kecepatan Aspark Owl yang mampu menarik kecepatan 100kpj (62mph) dibawah 2 detik telah teruji, tepatnya di kisaran 1,92 detik.

Tesla Roadster yang dijanjikan akan rilis pada 2020 agaknya akan dibayang-bayangi Aspark Owl. Prototipe Owl diperlihatkan akselerasinya dari keadaan diam, memuju ujung gudang. Yang perlu diingat hasil tes tersebut sangat jauh dari produksi. Terlihat masih menggunakan ban slicks yang berlawanan dengan street legal tires. Aspark dengan desain burung gagak  dijanjikan mampu berakselerasi 0-60 mph dibawah 2 detik.

Selain itu, perusahaan mempertegas bahwa secara  desain  yang belum diberinama khusus, namun secara kinerja, kecepatan tertingginya diklaim mencapai 174 mph atau sebanding dengan 280 kpj. Didukung dengan motor listrik pada masing-masing as roda menghasilkan tenaga gabungan 430 hp  dan torsi 763 Nm, dan dengan bobot 1874 pounds atau hanya 850kg saja. Cukup ringan bagi sebuah supercar electric.

Nah motor listriknya menggunakan kombinasi antara baterai dan super kapasitors yang diklaim mampu melangkah sejauh 93 mil atau sebanding dengan 150 km untuk sekali charge.  Sayangnya, Aspark tidak akan diproduksi secara masal. Aspark hanya bermaksud membangun 50 unit saja. Harga yang ditawarkan USD4,4 juta atau mencapai Rp59,67 milliar.  Coba bandingkan dengan Tesla Roadster yang hanya dijual sekitar USD200 ribu saja. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto news,
#
blackauto,
#
aspark owl,
#
supercar electric,
#
japan automaker