MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Tweeter Mobil Terbaik 2020 (Part 1)

JUL 27, 2020@17:00 WIB | 1,576 Views

Tweeter adalah pengeras suara kecil yang dirancang untuk mereproduksi elemen frekuensi tinggi dari musik mobil Anda, seperti seruling dalam karya klasik atau berirama tinggi dalam lagu pop.

Sementara itu, banyak mobil modern menawarkan speaker yang kecil, mereka sering hanya dimasukkan sebagai bagian dari paket sound system yang ditingkatkan dalam model harga rendah dan menengah. Anda lebih cenderung menemukan tweeter sebagai perlengkapan standar di kendaraan dari merek mewah.

Baik Anda ingin menambahkan tweeter ke sistem suara dasar atau mengganti unit usang di stereo kelas atas, pada artikel ini, ada 10 opsi terbaik untuk tweeter aftermarket.

1.   Polk Audio DB1001

DB1001 Polk Audio adalah salah satu produk dengan peringkat terbaik dengan banyak ulasan positif yang mendukung reputasi Polk sebagai pembuat peralatan audio kelas atas.

Memiliki rating nominal 6 hingga 60 watt dapat menangani puncak hingga 180 watt. Kubah sutera / polimer satu inci dan magnet neodymium menghantarkan frekuensi antara 4 dan 23 kHz, dan crossover in-line menyaring suara frekuensi rendah yang lebih baik diserahkan kepada system suara utama dan subwoofer Anda. Polk Audio juga mencakup sirkuit proteksi kelebihan beban bawaan.

Kelebihan  : Kualitas suara keseluruhan yang hebat, tetap jernih dan tajam bahkan pada tingkat volume tinggi, mengeluarkan detail musik yang halus

Kekurangan :  Keluhan tentang manual pengguna yang ditulis dengan buruk, instruksi yang tidak jelas untuk proses instalasi

2.   Alpine SPR-10TW

Alpine SPR-10TW juga tweeter 1 inci tetapi dirancang untuk sistem suara kelas atas dan pendengar yang lebih memilih kualitas suara. Alpine mengklaim, pengguna akan mendapatkan hasil maksimal dari produk ini jika sistem suara Anda memiliki amplifier eksternal. Kubah speaker sutra dapat menangani daya nominal di mana saja antara 5 dan 150 watt, dengan kemampuan daya puncak 450 watt, sehingga SPR-10TW sangat cocok untuk sistem suara bertenaga tinggi.

Crossover yang dapat disesuaikan memungkinkan Anda memilih dari empat pengaturan untuk menyesuaikan output tweeter ini dengan sistem suara yang lain. Alpine juga membangun fisik EQ ring ke dalam SPR-10TW untuk membantu membubarkan suara frekuensi tinggi di seluruh kabin mobil Anda sehingga Anda dapat menikmati respons frekuensi 1.000-29.000 Hz yang layak.

Setiap tweeter memiliki 29 inci kabel speaker terpasang, sedangkan crossover termasuk input 32-inci dan 12-inci output lead, memberi Anda banyak fleksibilitas dalam hal lokasi pemasangan untuk kedua perangkat keras. Piranti ini juga dilengkapi dengan semua yang Anda perlukan untuk pemasangan yang mulus di lokasi mana pun: rumah pemasangan flush-mount dan retension ring, stealth bracket, foam pads dan ring. Bahkan termasuk beberapa piranti lainnya untuk membantu Anda menjaga instalasi tetap rapi.

Kelebihan  :  penanganan daya tinggi, segar, bersih dan keras suara frekuensi tinggi

Kekurangan  :  Harga sedikit mahal dibanding competitor

3.   JBL GTO 9 Series

Dengan mengukur diameter hanya tiga perempat inchi, JBL GTO 9 Series tweeter adalah yang terkecil. Sebagai anggota GTO speaker family, Seri 9 menawarkan bingkai plastik yang diperkuat fiberglass, diafragma kain, dan karet yang digunakan dalam versi yang lebih besar.

Tweeter ini diberi peringkat untuk penanganan daya nominal antara 5 dan 75 watt, sehingga mereka kompatibel dengan banyak sistem suara pabrik dan pengaturan aftermarket kelas bawah. Penanganan daya maksimum adalah 135 watt. JBL mengatakan impedansi 3-ohm Seri GTO 9 yang relatif rendah membuat tweeter ini sangat cocok untuk sistem suara dengan kabel pengukur cahaya. Namun, unit-unit ini kompatibel dengan peringkat impedansi 4-ohm umum dari unit stereo head dan amplifier.

Respons frekuensi maksimum 21 kHz tidak setinggi tweeter lainnya, tetapi peringkat sensitivitas 94 dB berarti Anda akan mendengar tweeter ini keras dan jelas bahkan jika stereo Anda tidak terlalu kuat. Kumparan suara yang sangat besar dan magnet berventilasi dirancang untuk pendinginan yang efisien untuk menjaga kualitas suara saat mendengarkan volume tinggi dalam waktu lama.

Kelebihan  :  Ukuran kecil berarti mereka akan pas hampir di mana saja di hampir semua kendaraan, suara frekuensi tinggi yang cerah dan keras

Kekurangan  :  Harganya juga sedikit mahal, respons frekuensi high-end kurang dari tweeter lainnya.

4.   Pyle-Pro PDBT28

Tweeter Pyle-Pro PDBT28 adalah salah satu speaker paling kuat dalam daftar ini dengan peringkat daya RMS 150 watt dan kemampuan daya puncak 300 watt. Peringkat sensitivitas 104 dB juga termasuk yang tertinggi di sini, sehingga Anda akan mendapatkan banyak volume dari PDBT28 tidak peduli berapa banyak daya yang dihasilkan oleh sistem suara Anda. Respons frekuensi rata-rata di antara tweeter yang tercantum di sini, mulai dari 2 hingga 20 kHz. Rentang impedansi adalah 4 hingga 8 ohm.

Diameter 1 inci mengikuti standar industri untuk tweeter di sebagian besar kendaraan, jadi Anda harus memiliki sedikit kesulitan memasangnya di celah tweeter mobil yang ada. Pyle tidak termasuk speaker grill, tetapi PDBT28 menampilkan bingkai aluminium yang baik.

Setiap tweeter memiliki magnet 30-ons, koil suara ferrofluid bersuhu tinggi, diafragma titanium, dan sebuah mylar crossover capacitor. Pyle-Pro mengatakan semua fitur desain tersebut diterjemahkan ke dalam distorsi yang dikurangi sehingga Anda dapat memanfaatkan suara yang jernih pada tingkat volume tinggi yang dirancang saat dikeluarkan oleh speaker ini.

Kelebihan  :   Suara berkualitas tinggi, harga terjangkau

Kekurangan  :   Pelat pemasangan yang terlalu kecil, dijual terpisah, tidak berpasangan seperti kebanyakan tweeter lainnya.

5.   Rockville RT6

Dalam mendesain RT6, Rockville berfokus pada kualitas suara di atas daya dan volume yang besar, jadi sementara daya kontinu 60-watt relatif sederhana, Anda dapat mengharapkan tweeter ini terdengar lebih baik daripada harga yang mereka tawarkan.

Speaker 1 inci ini memiliki kubah sutra, koil suara ferrofluid yang didinginkan, dan magnet neodymium yang dirancang untuk menghadirkan penanganan daya puncak 240 watt. Respons frekuensi berkisar dari 1,3 hingga 24 kHz dan impedans dimulai pada 4 ohm.

Sementara speaker itu sendiri berdiameter 1 inci, Anda membutuhkan bukaan 2 inci untuk aplikasi flush-mount. Namun, kedalaman pemasangan flush 0,75 inci memudahkan untuk memasang tweeter ini di lokasi pintu dan dasbor dengan jarak bebas terbatas. Rockville juga termasuk perangkat keras untuk pemasangan permukaan datar dan sudut. Bahan ABS housing dibuat untuk mencegah warpage tidak peduli seberapa panas itu masuk ke dalam mobil Anda.

Setiap kit dilengkapi dengan braket pemasangan, sekrup dan ring, dan selotip dua sisi sehingga Anda dapat memasangnya langsung dari kotak.

Kelebihan  :  Harga yang sangat menarik untuk kualitas suara dan memiliki opsi pemasangan.

Kekurangan  :  Crossover yang disertakan tidak memfilter semua suara frekuensi rendah, tidak sekencang yang disarankan oleh penilaian sensitivitas 93-dB [ibd/timBX]

Tags :

#
tweeter,
#
tweeter mobil terbaik,
#
tweeter mobil terbaik 2020,
#
interior mobil