MENU
icon label
image label
blacklogo

Upgrade Head Unit, Headrest Clip On dan Security Cam pada All New Nissan Livina VL

NOV 27, 2019@12:27 WIB | 567 Views

All New Nissan Livina VL  diproduksi dengan basis yang sama dengan Mitsubishi Xpander. Namun secara kualitas car audio tentu dua pabrikan ini menyematkan property yang berbeda. Nissan Livina telah menggunakan head unit Clarion yang sudah dibekali fitur android car play, sehingga bisa baca whats app dan menggunakan google map dan memudahkan Black Pals mengaktifkan menu dengan Siri Command. Sayangnya head unit audio Livina ini tidak bisa terkoneksi secara langsung dengan android auto, kecuali dengan download aplikasi tertentu. 

Nah untuk mengorek lebih dalam potensi modifikasi car audio Livina. Tim Blackxperience.com kembali bertandang ke workshop Leman Car Audio, dan bertemu langsung dengan installer Dri Winda Setyo Rahayu di bilangan Tebet, Jakarta Selatan. Setelah beberapa saat pengujian audio standarnya, Winda memenuhi beberapa kejanggalan setting audionya, terutama di mid bass yang mendominasi,  minus treble dan vokal terkumpul di bawah.

"Kita temui kelemahan setingan head unitnya setelah kita nol-kan, yang terjadi kemudian adalah mid bass lebih dominan, treble dikalahkan dan vokal terkumpul dibawah. Dan kelemahannya meski bisa mengcustom setingan equalizer yang didukung 13 band. Proporsi treble dan vokal kurang keluar dan apabila dicustom terdengar seperti dipaksakan, meski kualitas musik yang diputar sudah original," aku Winda dari Lemans Car Audio.

Kesimpulan awalnya, All New Nissan Livina VL telah menyematkan head unit dengan kemampuan yang bagus. Karena didukung dengan equalizer 13 band,6 unit speaker, dengan settingan dominan di mid bass dan itu menjadi layak menempatkan All New Nissan  Livina tipe VL sebagai tipe tertinggi di kelasnya.

"Fitur apple car play dan android auto sudah bisa serta didukung dengan mirroring meski itu beda fungsi antara dua fitur tersebut," tutur Winda.

Kami mencoba mendesain entertainment All New Nissan Livina dengan kualitas car audio yang lebih baik. Pertama dengan upgrade speaker menggunakan speaker crescendo, dengan treble lebih baik, karena speaker ini dirakit secara handmade untuk kebutuhan car audio lebih baik. Kedua dengan menginstal head unit dan power processor dan itu menambahkan equalizer standarnya dari 13 band, menjadi 31 band. Ketiga sisi visualnya didukung dengan menginstal headrest clip on, fungsinya bisa terpisah dari head unit dan bisa mirroring dengan smartphone sekaligus. 

"Kami tawarkan MobileTech MH-7700 MP4 sebuah monitor head rest  10 inci yang bisa mirroring dengan smartphone, ini lebih enak karena tidak harus mengikuti pola Head Unit di depan. Lebih punya channel sendiri, independen, dan bisa menentukan pilihan sendiri. Antara monitor kanan dan kiri tidak saling terkoneksi," jelas Winda kepada tim Blackxperience.com.

Guna menggantikan head unit standar, bisa menawarkan Pioneer AVH-A215BT sebuah headunit yang masih mengkombinasikan penggunaan DVD/CD dan telah memiliki power. Tapi hal itu tidak harus, bila tetap menggunakan head unit bawaan, bisa menambahkan power processor Vox Pro-6 Amp dengan 31 band equalizer. Tampilan bass juga bisa dipermak dengan Pioneer TS-WX130DA. 

Usai mencoba fungsional dari part aftermarket, mulai dari Head Unit Pioneer, Headrest clip on di All New Nissan Livina. Mungkin sektor keamanan MPV ini bisa lebih meningkat dengan penggunaan dash camp. 

"Blackvue sebuah dashcamp yang merecord kejadian selama berkendara. Dipasang di spion depan, dan kaca belakang, bekerja merekam dan terkoneksi dengan GPS. Dengan kemampuan track record yang terekam dengan satelite, memudahkan sang owner mengecek posisi mobil berada melalui aplikasi Blackvue. Sedangkan BlackVue bersistem yang offline, tentunya hanya merekam dan tidak bisa dilacak keberadaannya kecuali hanya akses video dalam mobil," tutup Winda.

Paket audio All New Nissan Livina VL bisa ditebus dengan range harga Rp13 jutaan non Head Unit. Harga tersebut belum termasuk  price list  BlackVue dan ongkos pasang Rp300 ribuan, dan itu memangkas kekhawatiran BlackPals akan keamanan mobil MPV kesayangan Anda. Untuk lebih jelasnya, kunjungi langsung workshop Lemans Car Audio di jalan KH. Abdullah Syafei, Tebet, Jakarta Selatan.  [Ahs/timBX]

Tags :

#
all new nissan livina,
#
all new nissan livina vl,
#
modifikasi audio,
#
modifikasi headrest,
#
modifikasi security cam,
#
lemans car audio