MENU
icon label
image label
blacklogo

Modif Audio New Honda Mobilio, Cara Tingkatkan Kualitas Audio Tanpa Ganti Head Unit

JUN 19, 2019@10:50 WIB | 1,241 Views

New Honda Mobilio  RS CVT headunitnya memiliki fitur bass, treble, balance dan fader.  Fitur tersebut boleh dibilang cukup terbatas bagi penikmat audio yang mendambakan kualitas suara yang cukup bagus.  Meski sudah memiliki packaging yang bagus, namun belum memiliki pembaharuan fitur di dalamnya, dan masih sama dengan Mobilio generasi sebelumnya.

Head Unit pabrikan mungkin masih bisa ditolelir untuk kalangan umum, namun bagi pecinta car audio disarankan untuk meng-upgrade dengan berbagai pilihan, untuk memaksimalkan vocal dan instrument. Untuk mengetahui lebih lanjut, tim Blackxperience.com bakal membahasnya bersama Lemans Car Audio Works yang berdomisili di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

“Kalau mempertahankan standar head unitnya, jelas tidak bisa menambahkan kualitas suaranya. Dengan speaker standar, banyak karakter instrumen musik yang tidak keluar. Selebihnya hanya mengandalkan control dari Digital Signal Processor (DSP) untuk menyesuaikan dengan tipikal musik secara manual. Selebihnya hanya fitur-fitur yang memudahkan untuk mirroring dengan Android,” jelas Sihwaningsih Lemans Car Audio Work.

Ada tiga cara mengupgrade audio dari New Honda Mobilio RS CVT, pertama mempertahankan  head unit bawaan, kemudian dengan menginstal prosesor LM Audio 4 channel  dan menggunakan subwoofer LM 80S cukup mengangkat kualitas suaranya.  Paket ini cukup terjangkau hanya sekitar Rp5 jutaan, khususnya bagi pemakai mobil harian. Karakter musik yang dihasilkan antara vocal dan trible lebih jelas dari standar pabrikannya.

Cara kedua, dengan menggunakan prosesor Venom 3.4 MKII, dipadukan dengan subwoofer kolong Pioneer TS-WX130EA. Mekanisme upgrade yang kedua ini tanpa mengganti speaker, namun dengan fitur equalizer yang  mampu hingga 20 band, cukup membantu setting audio secara manual agar suara menjadi lebih berkualitas. Sedangkan speaker split akan diletakkan di dashboard, untuk kebutuhan tweeter.

Berkualitas dalam arti bagian instrument music juga lebih detil dan suara bass yang dihasilkan subwofer lebih lembut. Hal itu ditunjang dengan kinerja procesor yang lebih lengkap sehingga setingan suara yang dihasilkan cukup teratur.  Ditambah power dari procesor lebih besar sehingga mampu untuk menampung kemampuan kerja dari speaker tersebut dan menghasilkan kualitas kedetilan suara yang lebih baik lagi.

Cara ketiga dengan menginstalkan  Speaker split evo 3 crescendo, speaker split evo 1 crescendo, power 6 chanel evo 3, subwoofer crescendo 12 inch, kabel Groundzero dan Flux, sebuah prosesor crescendo dan sebuah mono blok 1 A2. Mekanisme ketiga ini dikhususkan bagi penikmat musik yang memiliki pendengaran sensitif terhadap instrumen musik tertentu.

Mereka jelas membutuhkan kualitas suara yang lebih jernih, didukung dengan posisi staging lebih jelas sehingga audiens di dalam mobil seperti menonton konser secara nyata. Hal itu berkat perpaduan karakter dari speaker, power dan procesor sudah sangat menunjang sekali untuk menghasilkan suara yang jernih dan tingkat ke detailan yang jauh lebih baik.

Semuanya didukung dari komposisi speaker 3 way sendiri memiliki cara kerja yang sudah terbagi antara tweeter, midrange dan midbass. Sehingga mempermudah untuk mengatur dan menyesuaikan karakter suara yang akan dihasilkan  dengan maximal.

Jadi bagaimana jaminan dengan head unit standar mampu menghasilkan kualitas suara yang bagus? Jangan kuatir, karena Lemans Car Audio Work  akan menambahkan setingan secara manual.  Dengan menggunakan head unit standart, maka langkah yang ditempuh dengan memaximalkan kemampuan procesor.

“Saya memaksimalkan setting dari processor. Caranya dengan mensetting head unit standar pada posisi zero.  Kemudian dibantu dengan setting processor, tetap bisa dimaksimalkan. Akan tetapi ini tidak menutup kemungkinan kalau pengguna mau merubah dari HU, boleh-boleh saja, dan tidak akan merubah suara yang di processor,” jelas Winda, installer dari Lemans Car Audio.

Karena ketiga cara tersebut mengambil basic sound quality, Winda mengaku tetap menerapkan semua kriteria dari staging position, imaging, spatial reproduction, clarity. “Semuanya harus balance, kalau tidak balance maka tidak akan menghasilkan kualitas yang maximal. Dan yang paling penting adalah kembali menyesuaikan selera music dari  customer. Jadi settingan bisa di sesuaikan dengan request yang customer inginkan, akan  tetapi tetap menerapkan dasar dasar instalation yang sesuai prosedur,” tutupnya.

Ketiga instalasi tersebut, belum termasuk harga  paket peredam. Mungkin bagi kalangan expert, kebutuhan peredam adalah untuk menghilangkan engine noise, dan didukung kualitas kabel yang mumpuni, untuk menunjang kualitas suara yang baik.  Instalasi audio ini tetap tidak memerlukan  stringer accu, dengan catatan  setiap  mematikan mesin, keadaan head unit juga harus mati. [Ahs/timBX]

Paket Modifikasi Audio New Honda Mobilio RS CVT

  • Paket 5 jutaan terdiri dari power presesor LM 4 chanel, speaker split pioner TS G 160 C, Subwoofer kolong Physiks,  Plus setting dan kabel free speaker coaksial pioneer.
  • Paket 8 jutaan terdiri dari  power prosesor venom 3.4 MKII, subwoofer kolong Pioneer TS-WX130EA, speaker split Venom Vertigo , kabel, plus speaker coaksial pioneer,  belum ongkos setting.
  • Paket Premium Rp50 jutaan, terdiri dari speaker split evo 3 crescendo, speaker split evo 1 crescendo, power 6 chanel evo 3, subwoofer crescendo 12 inch, kabel Groundzero dan Flux, prosesor crescendo, mono blok 1 A2.

Tags :

#
modifikasi,
#
modifikasi audio,
#
new honda mobilio,
#
lemans car audio works