MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Mercedes E230, Modifikasi Extreme Body Kit dan Static Stance

NOV 13, 2018@12:00 WIB | 1,497 Views

Mercedes Benz E-Class E230 menjadi salah satu mobil eksekutif di era tahun1995-200, kala itu..Nah Black Pals inilah wujud Mercedes E230 Kompressor lansiran 1997 yang cukup populer saat itu.  Mobil ini milik member Simple Community Tangerang, yang bernama Taufikuma Wijaya telah mengadopsi gaya modifikasi bodykit yang ekstrim. Mercedes Benz E230 varian Kompressor  dengan kapasitas mesin 2.3 16 V K  melimpahkan tenaga 194 hp dan torsi 280 Nm. 

Varian Mercy Kompressor merupakan yang paling tinggi dikelasnya saat itu. Tenaga yang melimpah didistribusikan melalui transmisi berteknologi triptronic, yang menggunakan pola transmisi otomatis 5 percepatan. Menurut Taufik, mobil ini ia modifikasi langsung di bengkel Kupu-kupu Malam yang terkenal di Yogyakarta tersebut.

Black Pals mari kita ulas modifikasinya lebih dalam. Bagian bodykitnya terbuat dari bahan fiber dengan gaya sedikit ekstrim, bagi Taufik mobil Mercedes E230 miliknya telah menginspirasinya pada film James Bond, meski tidak sama persis seri dan modifikasinya. Namun arah modifikasinya, ia cukup cocok dengan aliran static dan ekstrim body.  Pilihan static karena Mercedes miliknya sebelumnya telah menggunakan air suspensi. Namun karena terjadi trouble, ia mencopot suspensinya dan meneguhkan ke gaya static stance.

Aliran stance diwakili dengan penggunaan velg yang lebar, dan jarak antara bibir fender dengan ban yang cukup pendek.  Pilihan penggunaan velg Estatus 19 inci untuk ban depan lebar 8.5 inci telah membuat ban keluar dari bibir fender. Konsekuensinya, body dibuat ulang dan mengusung gaya over fender. Dibagian velg belakang dengan ukuran sama dan lebar 12 inci, terlihat lebih elegant, memperkokoh konsep stance. Dan pilihan ini menjadi jalan terakhir bagi euro car enthusiast, karena nilai estetika mobil akan terlihat keluar konsep bila mengusung aliran modifikasi lain.

Bagian fascia depan telah dimodifikasi ulang, terlihat dari garis grille yang tidak lagi lurus, melainkan lebih menyudut ke tengah. Dengan mempertahankan lampu pabrikan, bengkel Customized Kupu-kupu Malam merombak total bagian bumper. Lekukan ekstrem nan apik membedakan garis honeycomb yang berfungsi mengalirkan udara ke ruang mesin dan intercooler.

Bagian paling bawah bumper difinishing dengan side skirt menambah nilai estetis konsep stance yang diusung. Semuanya terlihat dalam formula desain yang bagus dan fungsional tentunya. Sentuhan yang sama juga ditreatment pada bagian bumper belakang. Lubang honeycomb seolah menggambarkan sedikit gaya sport dengan lubang air scoop yang mengaga lebar.

Bagian eksterior yang terlihat khas dibagian samping adalah fender fin dan sideskirt. Lubang grille dan honeycomb yang lebar mempermudah tekanan udara masuk ke ruang mesin dan dibuang melalui fin samping.  Oh iya Black Pals, dibagian top, telah dimodifikasi dengan menggunakan sunroof bermotorize. Kesan mewah kental menyelimuti eksterior, lantas bagaimana dengan bagian interior?

Bagian interiornya menggunakan warna putih berbahan kulit impor Thailand. Sedikit sentuhan wood look pada bagian dashboard, dan penggunaan minibar pada bagian kursi belakang menambah sentuhan glamor.  Apa hanya itu saja, tentu tidak karena builder juga telah memodifikasi pada bagian audio mobilnya, dan modifikasinya juga terbilang cukup komplit untuk sebuah kontes audio.

Head Unit-nya standarnya telah diganti, dengan menggunakan Head Unit Alpine AVHX1750 DVD. Mengusung aliran SQL, head unit mengalirkan daya ke processor Prime Rockford Fosgate 4 channel. Kemudian  diperkuat dengan power monoblok Performa Signature untuk didistribusikan ke speaker 3 way di depan dan speaker belakang.Untuk mendukung dentuman bass, menggunakan subwoofer Crossfire. Tambahan dua unit LCD TV di bagasi belakang mempermanis tata letak rancangan audio secara keseluruhan.

“Mobil ini merupakan koleksi paman saya, saat berkunjung ke bengkel Kupu-kupu Malam, paman langsung tertarik memiliki mobil ini. Dengan jarak waktu 5 bulan akhirnya mobil ini siap melenggang ke Karawang. Waktu tersebut sebagai konsekuensi pengecatan dan perbaikan di beberapa sektor,” tutur Taufik.

Setelah sampai di Karawang, ternyata mobil ini telah banyak mengikuti kontes modifikasi di sekitar Karawang. Aliran yang diikuti Taufik untuk mobil Mercedes E230-nya memilih kelas ekstrim dan best static. 

Sampai suatu waktu, mobilnya tersebut mengalami trouble di bagian transmisi, dan kursi pijat bagian belakang yang mulai bermasalah elektrikalnya. “Karena mobil ini termasuk langka, saya harus memanggil teknisi Mercedes dari Jakarta. Saya mengupgrade gearbox dari awalnya semi otomatis, menjadi full otomatis yang dimiliki seri E230 untuk varian matik. Dan sekalian saja, teknisi Mercedes saya suruh untuk mencabut elektrikal kursi pijat yang konsleting dan dikembalikan ke kursi standar,” jelas Taufik menceritakan kesan mobil andalan kontesnya.

Nah satu lagi bagian yang menjadi perhatian dari gaya modifikasi Kupu-kupu Malam adalah gaya suicide door over engsel, dengan mempertahankan bagian pilar B tentunya.  Kisah yang menarik yang dialami Taufik saat menggunakan mobil Mercedes E230. Dia bertemu dengan seseorang yang mengaku owner Mercedes E230 sebelum menjadi miliknya. 

Usut punya usut, ternyata owner terdahulunya adalah keponakan dari Hotman Paris. Dan itu tercermin dari gaya modifikasinya yang cenderung hedon, diwakili dengan minibar interior dan fitur-fitur elektrikal yang cukup mewakili kepribadian kelas elit.

Ketika dikonfirmasi tentang modifikasi selanjutnya, Taufik mengaku cukup. Kalaupun ingin memodifikasi, Taufik kemungkinan akan menggunakan mobil lain sebagai obyek modifikasinya. [Ahs/timBX] 

Detail Spesifikasi Mercedes E230 :

Audio :

  • Processor Prime Rockford Fosgate 4 channel
  • Speaker 3 way
  • Subwoofer crossfire
  • Power Performa Signature
  • speaker belakang Venom
  • 2 unit LCD TV
  • Head Unit Alpine AVH X1750 DVD


Interior :

  • Kulit Kosmetik Thailand
  • Variasi woodlook
  • Minibar


Kaki-kaki :

  • Velg Estatus Depan 19x8.5 inci, Velg Belakang 19x12 inci
  • Ban Accelera


Eksterior :

  • Side skirt
  • Bumper rear and front
  • Fender Fin
  • Sunroof motorize
  • Suicide Door over engsel

Mesin  :

  • Gearbox Otomatis by Mercedes

Tags :

#
mercedes e230,
#
mercedes w210,
#
extreme body kit,
#
static stance,
#
kupu-kupu malam,
#
simply community,
#
komunitas karawang