MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Harley Davidson Sportster: The Stone Krom Works

NOV 07, 2017@13:23 WIB | 110,457 Views

Andika Pratama, pemilik bengkel Krom Works itu memang ‘edan’ jika mengeluarkan ide untuk mengoprek motor. Banyak model hasil karyanya mendapatkan penghargaan di berbagai kontes nasional. Modifikasi yang diusung pun memang cukup ciamik dan juga mengusung konsep extreme. Bagaimana tidak, motor besar sekelas, Harley Davidson Sportster hanya menyisahkan mesin saja.

Mengusung gaya broadtracker, motor yang dijuluki The Stone ini menggunakan hampir 98 persen bahan dasar stainless steel. Hasilnya bengkel yang berlokasi di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan ini bikin bikin geleng-geleng kepala.

Menurut sang builder, Andika Pratama konsep motor ini mengombinasikan gaya modern dengan menggunakan bahan dasar stainless steel mulai dari arm, sasis, gider depan, handle bar, seather, engine mounting, knalpot, fairing depan, sampai bodi part sehingga untuk proses pengerjaannya memakan waktu kurang lebih delapan bulan.

“Semua yang berdasarkan stainless itu kita buat dengan tangan kita sendiri. Mulai dari sasis, arm belakang suspensi depan dan banyak lagi,” pria murah senyum itu.

Untuk pemilihan bahan stainless sendiri, kata Andika, memang khusus untuk bahan kontruksi berat dengan tipe kode 316 dan bahan dengan tipe tersebut memang diperuntuhkan untuk sasis motor.

Menurut Andika untuik membuat proses pembuatan dengan bahan dasar stainless sendiri mempunyai tantangan sendiri pada saat proses pembuatanya. Jadi, lanjut Andika, material stainless itu berbeda 180 derajat dibandingkan bahan biasa, proses pembentukan lekukan sasis, pengelasan dan weldingnya pun berbeda dan khusus ia buat sendiri.

Karena kata Andika karakter stainless itu bahan tersebut lebih keras dibandingkan besi dan mudah memuai. Yang unik pada konsep broadtrecker ini ada pada bagian arm belakang. Andika mencitrakan awalnya semua arm belakang itu masih rata dengan ketebalan 2 cm. Lalu Andika mengebor untuk diberikan bolongan agar kesan modern lebih kental.

“Arm belakang itu kita tiban lagi dengan bahan stainless. Kemudian ketika sudah tebal untuk finishingnya kita melakukan proses welding,” tutur Andika.

Untuk jantung pacunya sendiri mesin telah ditingkatkan dengan sistem Bore-up. Dengan bore up mesin itu kini motor tersebut memiliki kapasitas sebesar 1.800 cc. Kemudian di bagian karburator juga ditingkatkan.

Terus perubahan lain juga terjadi di bagian priemeri, dimana sistem kopling ia bongkar transparan terlihat. Untuk perubahan open belt, Dika memakai merk BDL. Jadi biasanya kalau Harley standar itu tertutup, tapi yang ini di ekspose untuk berbeda dari yang lain.

Bagaimana Black Pals, jika Anda masih penasaran apa saja perubahanya dan ingin tahu lebih detail lagi simak video dan album foto di atas. [ddy/timBX]

Engine: Softail Evolution/Delkron 1996

Gear box: 5-speed

Open belt: BDL

Frame Rigid: Handcrafted - Stainless steel

Fuel tank: Handcrafted - Stainless steel

Front suspension: Girder Handcrafted - Stainless steel

Seater: Handcrafted - Stainless steel

Oil tank: Handcrafted - Stainless steel

Gas Cup: Handcrafted Brass and Stainless steel

Head Lamp: Led

Firing: Handcrafted - Stainless steel

Exhaust: Handcrafted - Stainless steel

Foot control: Performance machine

Brake: Performance machine

Ban depan/belakang: Shinko 130 / 60 – 23
Velg : DNA 3.5 – 23 Inch

Tags :

#
krom works,
#
modifikasi harley davidson sportster,
#
modifikasi,
#
harley davidson,
#
automods