MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Ducati Monster 620: The Monster Vintage Racer

MAY 30, 2017@13:25 WIB | 2,066 Views

Bukan Katros Garage namanya kalau tidak menghadirkan sebuah motor custom yang sedap dipadang mata. Ya, sebuah bengkel yang berlokasi di Jl Bintaro, Tangerang Selatan itu memang selalu menjadi acuan bagi konsumen yang ingin membangun kuda besinya agar lebih ciamik dengan berbagai gaya.

Awalnya, Ateng sang pemiliki bengkel The Katros Garage ini bercerita hanya sekedar iseng saja menulis di blog pribadinya tentang modifikasi roda dua pada tahun 2009 lalu. Maklum saja dirinya kala itu adalah seorang jurnalis otomotif disalah satu media di bilangan Jakarta.

“Awalnya gue hanya sekedar iseng menulis saja di blog yang bernama thekatros.theblog.com. Terus tiba-tiba banyak permintaan untuk custom motor. Barulah  mulai kecil-kecilan untuk membuat motor custom dengan menyewa sebuah ruko untuk dijadikan bengkel di bilangan Ciputat,” buka perbincangan Ateng di bengkelnya kepada tim BlackXperience.com.

Menurut Ateng, dengan membuka bengkel di Ciputat dia berharap akan bisa bertumbuh besar sesuai yang diharapakannya. Namun hal itu tidak sesuai dengan ekspestasi dia. Untuk itu Ateng memutuskan untuk pindah usahanya ke rumah. Karena, kata Ateng, rumahnya ini sesuai dengan nama bengkelnya.

“Ngebesarin bisnis di dunia custom itu tidak cukup hanya sekedar custom kendaraan saja. Bisnis gue ini kan bisa terbilang seni yang gue salurkan terhadap kendaraan yang gue jadikan usaha ini. Jadi gue balikin lagi aja deh bengkelnya dirumah baru. Di garasi rumah. Jadi sesuai tuh dengan The Katros Garage,” sambung pria yang ramah satu ini.

Memang hasil buatan the Katros ini bisa dibilang sudah cukup terkenal di kalangan motor custom di Tanah Air. Berbagai aliran motor custom pun keluar dari bengkel yang sangat sederhana ini. Salah satu contohnya, motor satu ini yang membuat tim BX memutuskan untuk meliput Ducati Monster 620 yang sudah di rombak menjadi sebuah konsep balapan jalan café racer.

Berbagai ubahan dilakukan sedemikian rupa agar hasil pada motor dari pabrikan Italia ini sesuai konsep yang sudah disesuaikan. Ateng, mengaku untuk melakukan modifikasi dirinya harus mendesain terlebih dahulu  sebelum merubah. Dia akan konsultasi terlebih dahulu kepada konsumenya.

“Yang Ducati ini orangnya maunya yang vintage racer. Jadi terlihat semi fairing kaya motor balap jaman dulu,” ujar Ateng.

Tak perlu waktu lama, Ateng langsung membuat desain yang sudah disepakati. Dia membentuk fairing tersebut hanya setengah saja (half) dan tidak full sampai bawah. Karena Ateng mau menonjolkan kontruski mesin Ducati yang unik ini, mesin itu tidak berbetuk V dan tidak segaris juga kan. “Gua sengaja bikin half supaya mesin Ducati ini biar bisa ke ekpose saja,” tuturnya.

Kemudian hal pertama yang dilakukan Ateng untuk merubah motor ini adalah membuat tangki dan buntut tawon yang mencirikan sebuah café racer. Lalu bagian belakang sasis dirombak sedikit dibikin agak flat, agar bagian tangki dan buntut bisa lebih sejajar segaris.

Untuk tangkinya sendiri Ateng membuatnya sendiri atau handmade dan untuk buntut tawonya ia juga mendesain sendiri ala Katros. Untuk fairingnya, custom by Katros yang memaki plat galvanis  dengan ketebalan 1.2 mm. Ateng mengaku mengalami kesulitan untuk membuat fairing ini, kerana dia harus menyesuaikan fairing agar lebih presisi.

”Bagaimana juga gua bikin agar bentuknya proposional tangki dan buntutnya sama, karena motor ini basic monster bukan sport tapi versi naked,” kekeh Ateng. Kemudian bagian sasis,  Ateng masih mempertahankan sasis tubular aslinya, karena menurutnya sasis  tubular ini bisa memberikan aura yang gahar.

Melangkah bagian kaki kaki, tidak ada perubahan yang sangat signifikan pada motor asal Italia ini. Velg Ateng masih mempertahankan aslinya dia hanya hanya mengganti ban depan dengan ukuran 120/70-17 dan ban belakang berukuran 180/60-17.

Hanya itu, tidak. Bagian bagian lain motor ini juga dirubahnya untuk menunjang kesan klasik,  seperti headlamp dirubahnya dengan produk aftermarket dan lampu belakang berteknologi LED yang menyatu dengan sein dan lampu rem.

Untuk kesulitanya sendiri Ateng mengaku sama sekali tidak merasa kesulitan. Ini sama saja kaya mengerjakan motor custom pada umumnya.  So, Blackplas jika anda penasaran ingin melihat detail hasil modifikasi Ducati cafe racer The Kartos Garage saksikan video dan album foto diatas. [ddy/timBX]

Spesifikasi
Motor: Ducati Monster 620- Konsep Ducati Café Racer
Lampu depan: aftermarket
Lampu belakang: LED aftermarket
Sein depan: Aftermarket
Knalpot: Custom by The Katros
Tangki: Custom the Katros
Buntut dan Jok: Custom by Katros
Ban depan dan belakang: depan 120/70-17 dan ban belakang180/60-17 
Fairing: Custom by The Katros
 

Tags :

#
modifikasi ducati monster 620,
#
modifikasi ducati monster,
#
modifikasi ducati,
#
modifikasi,
#
modifikasi motor,
#
ducati monster 620,
#
ducati