MENU
icon label
image label
blacklogo

Modifikasi Audio Honda HR-V Mugen, Cara Bikin Betah dengan Kualitas Audio Mewah

AUG 22, 2018@12:00 WIB | 3,362 Views

Honda HR-V Mugen menjadi  ujung tombak brand Honda sebagai amunisi andalan di segmen sport utility vehicle (SUV) atau crossover. Berdasar data GAIKINDO,   pasar SUV Honda di kuartal pertama naik 129 persen, yang secara total mencapai 17791 unit selama periode Januari ke April 2018.  Tentu BlackPals bertanya  siapa yang menjadi maskot penjualannya? Data menunjukkan total penjualan terbanyak diraih oleh Honda HR-V, dengan 12561 unit selama kuartal awal 2018 (Januari hingga April). 

Nah BlackPals, tentunya Honda HR-V bakal menjadi bahan menarik perbincangan modifikasinya. Kali ini auto jurnal blackxperience.com akan mengarahkan BlackPals segmen modifikasi apa saja yang bisa dibahas turunannya. Bagian pertama kami akan membahas sektor modifikasi audio dengan bertandang ke markas Lemans Car Audio yang berlokasi di bilangan Tebet, Jakarta Selatan.

Seperti yang kita ketahui bersama fasilitas infotainment didukung oleh sebuah floating 8 inci touchscreen monitor, yang telah berteknologi mirroring. Distribusi suaranya didukung 4 speaker yang berada di masing-masing pintu dan dua unit pada dasboard.  Kualitas suaranya terbilang standar dan perlu upgrade beberapa part seperti penambahan power prosesor, subwoofer aktif dan penambahan twitter. 

Tanpa harus ribet membongkar interior, maka sebaiknya BlackPals mencari part yang sudah plug and play. "Kualitas suara yang standar, akan terlihat ketika volume dibesarkan. Terdengar cempreng, dan itu menjadi point yang bisa diperbaiki tepatnya kualitas suaranya," tutur Leni punggawa Lemans Car Audio yang dia rintis sejak 17 tahun silam.

Stage pertama, bila BlackPals ingin untuk mempertahankan head unit bawaan pabrik, Leni menuturkan  beberapa part yang sesuai dengan socket HR-V.  Penggantian speaker depan dan belakang menggunakan Crescendo Evo 1. Kemudian penambahan subwoofer pasif Crescendo, power 4 channel Crescendo Evo I, tambahan power Monoblok Crescendo III, prosesor VOX. Paket ini mencapai Rp25 jutaan. 

Stage kedua, BlackPals bisa mengganti head unit dengan Alpine  iLX-F309 yang berukuran 9 inci atau biasa disebut sebagai Alpine Halo 9. Kemudian menggunakan power 4 channel  Crescendo Evo III,  Subwoofer Aktif Pioneer, 1 set speaker Evo 3 dan Speaker Belakang Evo I. 

"Secara kualitas suara akan lebih hidup karena mendukung sound quality loud (SQL), bisa terhubung apple car play, android auto, mirroring, dan terhubung dengan kabel HDMI," jelas Leni yang mengkalkulasi stage kedua membutuhkan budget sekitar Rp50 jutaan. Head unit Alpine sendiri sekitar Rp21 juta.

Jika kurang puas, Lemans Car Audio memiliki paket full package, dengan menawarkan head unit Kenwood DDX9018S dengan High Resolution Audio, dan didukung fitur setting audio yang kompleks seperti fitur Speaker, equalizer, DTA, offset Volume, kendali zona dan efek suara. 

Stage ketiga, menawarkan paket audio yang mendukung Sound Quality (SQ) dan Sound Quality Lound (SQL). Jadi kualitas suara lebih terurai secara detail, terkait kejernihan suara (clarity), kedalaman suara dan tentunya mendukung staging dan imaging. Anda seperti melihat secara langsung sebuah konser musik di dalam mobil. 

Dengan Head unit menggunakan Kenwood DDX9018S dipadukan dengan 2 set speaker Eton, Power 4 channel Audison Quattro, Power monoblok JL750, subwoofer pasif JLW3V3, Speaker 3 way dan sebuah prosesor VOX. Tentunya bakal dibuatkan pilar atau box untuk speaker 3 way. Paket upgrade stage 3, ini ditawarkan dengan biaya Rp60 jutaan. Dengan catatan  bila memanfaatkan box, waktu instalasi bisa hanya 1 hari. Namun bila menggunakan panel khusus bisa membutuhkan waktu 4 hari. 

Tipikal customer yang datang upgrade audio mulai dari paket basic, sampai ke paket profesional. "Beberapa customer sering mengeluh ada problem setting di audio mobilnya, hingga menyebabkan terbakar. Nah mereka datang ke Lemans Car Audio untuk dapatkan upgrade dan setting yang lebih baik," tutur Leni. 

Diluar paket tersebut, Lemans cukup terbuka bagi BlackPals dengan budget berapapun, mulai dari program basic Rp5-10 jutaan. Untuk paket medium dirange budget dari Rp20 juta sampai 80 jutaan. Nah, BlackPals bisa datang dan mengkonsultasikan sendiri kebutuhan upgrade audionya ke Lemans Car Audio di KH. Abdullah Syafei, Tebet Jakarta Selatan. [Ahs/timBX]

Tags :

#
auto jurnal,
#
auto mods,
#
audio,
#
honda hr-v mugen