MENU
icon label
image label
blacklogo

LOT32UCD, Cara Baru Restorasi Mobil Hobi

NOV 08, 2021@20:25 WIB | 381 Views

Era kolaborasi makin hype di era digital seperti sekarang. Workshop LOT32UCD salah satunya menggabungkan 4 workshop yang selama ini membawa bendera masing-masing, kemudian titik temunya dengan memamerkan beberapa hasil karya restorasi terbaik mereka.  LOT32UCD mempertemukan workshop Arland Garage, Beberes Garage, Wheelsporn dan GO90’s, beberapa diantaranya ada merchandise, striping yang didedikasikan untuk car enthusiast.

Secara major service LOT32UCD  lebih ke ranah One Stop Shopping, mulai dari service, fitment, spooring, balancing hingga restorasi. Dengan interesting yang sama terhadap mobil  hobi, akhirnya bermuara pada jual beli mobil hobi. Mulai dari Toyota FJ Cruiser, Suzuki Jimny, dengan unit yang sudah jadi, baik itu original maupun convert bahkan ranah modifikasi.  Bagi BlackPals disarankan ke LOT32UCD untuk memenuhi hasrat car enthusiast bagaimana membangun restorasi secara proper step by step seperti line production di manufaktur besar.

Andre mewakili dari Beberes Garage mengungkapkan bahwa berdirinya LOT32 menjadi pelarian dari keseharian seorang modifikator. "Basicnya di LOT32 sekarang melebar menjadi jual beli mobil dan spare part mobil hobi, sekaligus bisa merestorasi, dari A-Z kita ada semua. Mulai dari mobil belum jadi hingga ranah modifikasi, dari model standar hingga yang sudah jadi. Hal ini kami lakukan biar semua car enthusiast terwadahi di sini," jelas Andre ke tim Blackxperience.com.

Memang secara market akan terbentuk seiring berjalannya waktu. Saat ini memang banyak mobil Jimny, baik standar atau covert ke model tertentu. Akan tetapi menurut Andre suatu saat bisa berubah, entah itu ke Land Cruiser atau yang lain. 

"Lokasi kami bikin bersih dan higienis, semata-mata hanya untuk memanjakan car enthusiast, melihat restorasi sedang berlangsung, detail-detail bodi, kaki-kaki hingga mesin. Biar enjoy ga kehujanan, dan tidak kena debu tebal, itu yang menjadi prioritas kami. Karena spare money yang tidak sedikit, kami coba manjakan customer, "tambah Andre.

Ranah restorasi ternyata bukan ranah Andre, ada Ferry dari Arland Garage yang lebih menggeluti secara proper. Menurut Ferry standarisasi restorasi, dimulai dari body yang harus diangkat dari sasis. Bagian demi bagian mobil harus dipilah dan dicopot satu persatu, untuk dikerjakan notch body, menghilangkan karat-karat dan hingga mendempul serta mengecat kembali.

"Kami memiliki divisi tersendiri, seperti line production di sebuah manufaktur mobil. Kami kerjakan panel demi panel, step by step, untuk menjaga kualitas restorasi kami. Intinya, kalau customer datang bisa menikmati proses," ungkap Ferry.

Ranah sasis tak kalah penting, sebelum dipasang dengan body, sasis harus dipastikan tidak lagi memiliki cacat seperti karat atau keropos. "Posisi sasis harus jack stand, digantung untuk mempermudah pekerjaan kita. Proses pembersihan, pengecatan ulang hingga pemasangan jadi lebih mudah," tambah Ferry.

Setelah melalui tahap tersebut, baru mulai tahap assembling. Ketika assembling selesai, engine dan wiring dilakukan di lantai dasar.  Setelah selesai, baru naik kembali keatas, untuk serah terima ke customer. "Waktu yang membedakan FJ Cruiser tahun baru dan tahun lama adalah pengumpulan part originalnya. Sementera proses pengecatan minimal 3 bulan, perakitan dan finishing masing-masing dua bulan," cetusnya. Kuncian restorasi itu ada di wish list part, kalau ada dan lengkap, restorasi bisa dilakukan dengan timing yang tepat.  

Tak hanya mobil FJ dan BJ serta Jimny, ada mobil trend 80 hingga 90an. Pram dari GO 90's menceritakan pergeseran era dari 70an hingga ke 90an."Era 70an sudah lewat, karena sudah tersortir unit mana yang masih bagus, sementara retro 90an memang sedang hype. Banyak newbiee yang mulai mengoleksi sehingga makin banyak komunitasnya," ungkap Pram.

Secara feel, mobil 90an punya difersifikasi yang jauh dari mobil sekarang. Mulai dari body, hingga drive impression cukup berbeda. "Yang pasti pemain mobil era 90an, punya kenangan masa lalu yang ingin dibangun ulang. Prestige dan jumlahnya sedikit, tergantung originalitas partnya," tutup Pram yang mematok Honda Civic Gen 1 hingga Rp250 jutaan.

LOT32UCD memberikan nostalgia sekaligus solusi membangun mobil hobi hingga mobil retro. Bagi BlackPals yang sedang gandrung dengan mobil-mobil ini silahkan kunjungi  workshop Lot32UCD di Jalan Melati 3 No.2, RT.001/RW.011, Jatiwarna, Pondok Melati, Bekasi, Jawa Barat 17415. [Ahs/timBX]

Tags :

#
lot32ucd,
#
lot32vibes,
#
beberes garasi,
#
arland garage,
#
go 90s,
#
wheelsporn,
#
beyond d garage,
#
auto mods