MENU
icon label
image label
blacklogo

Fine Gloss, Ternyata Detailing Mobil Butuh Proses Lebih Lama Untuk Kualitas Lebih

NOV 17, 2021@15:00 WIB | 1,607 Views

Maintenance tampilan luar mobil butuh sebuah informasi detail terkait jenis dan tipe mobil. Fine Gloss dibawah komando Bro Kevin Lee memberikan treatment yang tepat pada mobil customer, dan berlokasi di Puri Jakarta Barat treatment cat secara proporsional menambah ganteng tampilan mobil. 

Fine Gloss adalah bagian dari masa lalu Kevin yang gemar merawat mobil, hingga lepas bangku kuliah dirinya mengembangkan usaha dibidang otomotif ini. Selain usaha mempercantik mobil, Kevin juga seorang kolektor mobil yang rare, seperti Civic FD Type R jumlahnya rare, mengoleksi velg, hingga memodifikasi mobil. "Mobil dengan tampilan kinclong, kemudian didokumentasikan dalam karya fotografi, itu mempunyai nilai tambah (value)," ungkap Kevin. 

Fine Gloss dirancang sebagai workshop sejak tahun 2017, yang fokus menggeluti dunia detailing. Menurut Kevin, dunia detailing ia mulai dari kebiasaan dirinya bersihkan mobil orang tuanya sejak kecil hingga menginjak dunia perkuliahan, tetap ia lakoni karena kecintaannya ke dunia otomotif.

Masing-masing bagian mobil punya ranah yang sulit. Akan tetapi menurut Kevin, secara jujur lebih intens mengembangkan hasil poles yang proper pada bagian luar.  

"Untuk mendapatkan hasil detailing yang bagus butuh pengerjaan poles yang matang, tidak bisa buru-buru jadi. Ada step yang harus dilewati, seperti poles, pengeringan, proses QC,  baru setelah itu menginjak ke proses coating.  Tingkat kematangan masing-masing mobil berbeda, melihat kualitas cat mereka, apakah masih bawaan pabrikan atau sudah pernah repain," ungkap Kevin.

Proses coating adalah proses finishing dalam rangkaian proses detailing. Kevin dan tim mencari solusi untuk hasil terbagusnya, yakni dengan menemukan proses kematangan menuju step coating.

Contoh kasus ketika mobil baru di delivery dari pabrikan, kadang kena panas, hujan dan debu, sebelum di kirim ke dealer resmi. Treatment  yang tepat menurut Kevin, mengenali lebih dulu karakter cat apakah soft paint atau hard paint. 

Karakter mobil Jepang (JDM) cenderung soft paint, jangan sampai menggunakan chemical dan pad yang kasar. Akibatnya menghasilkan permukaan cat berhologram atau berbayang bahkan kusam. "Salah poles bisa berbayang dan kusam, itu yang perlu diketahui," tambah Kevin.

Proses coating yang tepat menurut punggawa Fine Gloss adalah 3-5 hari, tidak bisa kurang dari hari itu.  Hari pertama melewati pencucian, pengeringan dan step poles.  Besoknya baru merambah ke proses coating, setelah melalui QC  yang ketat dan didiamkan semalaman penuh.
Hari ketiga setelah pengeringan semalam, dilakukan cek QC kedua, setelah aman seluruh permukaan, baru diserahkan ke customer.

Karakter cat yang berbeda, original paint tergolong minim kesalahan seperti baret.  Sementara hasil cat repaint, dengan QC yang tidak maksimal malah membuat proses coating semakin susah. 

"Bila terjadi proses miss di pengecatan, kemudian dilakukan amplas permukaan yang salah, baru ditimpa dengan cat baru. Bekas amplas ini cukup susah, sementara proses pengerjaan di fine gloss cukup detail, agar hasil polesan clear dan clean," cetus Kevin.

Dirinya menambakan, mobil warna hitam baru, tipikalnya soft paint. Ketika proses polesnya salah, maka bikin berantakan permukaan. Kevin sering menemui masalah tersebut, dan memberikan perawatan yang tepat. Handle mobil Jepang dan Eropa butuh treatment khusus.

Baret halus di permukaan panel, harus dikoreksi lagi dan menjadi paint correction. Step selanjutnya dibersihkan dengan cairan alkohol murni. 
"Penggunaan cairan alkohol murni seperti IPA (Isoprohopyl Alcohol)  adalah untuk membersihkan sisa obat poles yang nempel di permukaan. Kandungan obat poles seperti filler atau minyak banyak nempel di permukaan. Setelah melewati IPA, baret sudah tidak nongol," tambah Kevin.

Langkah selanjutnya, setelah baret hilang berlanjut ke proses detailing, dengan membersihkan bekas compound,  kerak dan sela-sela, untuk persiapan ke proses coating.

Guna menghindari proses poles yang tidak dibutuhkan ke permukaan selain cat, maka Kevin menutupi area tertentu menggunakan masking tape.  Dengan material kertas masking tape lebih bagus, menghindari permukaan karet jadi rusak, dan kelebihan lainnya ketika kertas masking dicabut, tidak menimbulkan bekas di permukaan.[Ahs/timBX] 

Alamat Finegloss: Jalan Puri Kembangan No.120, RT.11/RW.5, Kembangan, Jakarta Barat, DKI Jakarta 11610

Tags :

#
fine gloss,
#
beyond d garage,
#
automods,
#
detailing mobil