MENU
icon label
image label
blacklogo

The Wealth of Nations, Magnum Opus Adam Smith

OCT 19, 2020@08:00 WIB | 148 Views

Buku karya Adam Smith ini memiliki tema yang sangat luas. Pertama, The Wealth of Nations memandang peraturan tentang perdagangan tidak berdasar dan tidak produktif. Pandangan umum adalah bahwa emas dan perak adalah kekayaan, dan bahwa negara-negara harus meningkatkan ekspor dan menolak impor untuk memaksimalkan kekayaan logam ini. Wawasan radikal Smith adalah bahwa kekayaan suatu bangsa benar-benar merupakan arus barang dan jasa yang diciptakannya. Sekarang, kami menyebutnya produk nasional bruto. Dan cara memaksimalkannya, menurutnya, bukan dengan membatasi kapasitas produktif bangsa, tetapi membebaskannya.

Tema sentral lainnya adalah bahwa kapasitas produktif ini bertumpu pada pembagian kerja dan akumulasi modal yang dimungkinkannya. Efisiensi besar dapat diperoleh dengan memecah produksi menjadi banyak tugas kecil, masing-masing dilakukan oleh tangan-tangan spesialis. Hal ini membuat produsen memiliki surplus yang dapat mereka tukarkan dengan yang lain, atau gunakan untuk berinvestasi dalam mesin hemat tenaga kerja yang baru dan bahkan lebih efisien.

Tema ketiga Smith adalah bahwa pendapatan masa depan suatu negara bergantung pada akumulasi modal ini. Semakin banyak yang diinvestasikan dalam proses produktif yang lebih baik, semakin banyak kekayaan yang akan diciptakan di masa depan. Tetapi jika orang akan membangun modalnya, mereka harus yakin bahwa modal tersebut akan aman dari pencurian. Negara yang makmur adalah yang menumbuhkan modalnya, mengelolanya dengan baik, dan melindunginya.

Tema keempat adalah bahwa sistem ini otomatis. Ketika barang langka, orang bersedia membayar lebih untuk barang-barang itu: ada lebih banyak keuntungan dalam memasoknya, jadi produsen menginvestasikan lebih banyak modal untuk memproduksinya. Jika ada kelebihan, harga dan keuntungan rendah, produsen mengalihkan modal dan usaha mereka ke tempat lain. Oleh karena itu, industri tetap fokus pada kebutuhan terpenting negara, tanpa perlu arah pusat.

Tetapi sistem ini otomatis hanya jika ada perdagangan bebas dan persaingan. Ketika pemerintah memberikan subsidi atau monopoli kepada produsen yang disukai, atau melindungi mereka di balik dinding tarif, mereka dapat mengenakan harga yang lebih tinggi. Masyarakat miskin paling menderita karena hal ini, menghadapi biaya yang lebih tinggi untuk kebutuhan yang mereka andalkan.

Tema lebih lanjut dari The Wealth Of Nations adalah bahwa persaingan dan pertukaran bebas berada di bawah ancaman dari monopoli, preferensi pajak, kontrol, dan hak istimewa lainnya yang diambil oleh produsen dari otoritas pemerintah.

Untuk semua alasan ini, Smith percaya bahwa pemerintah itu sendiri harus dibatasi. Fungsi intinya adalah memelihara pertahanan, menjaga ketertiban, membangun infrastruktur, dan mempromosikan pendidikan. Ia harus menjaga ekonomi pasar tetap terbuka dan bebas, dan tidak bertindak dengan cara yang mendistorsi.

Produksi dan pertukaran

The Wealth Of Nations dimulai dengan Smith menjelaskan produksi dan pertukaran, dan kontribusi mereka terhadap pendapatan nasional. Menggunakan contoh pabrik pin, Smith menunjukkan bagaimana spesialisasi dapat sangat meningkatkan produktivitas manusia. Dengan berspesialisasi, orang dapat menggunakan bakat mereka, atau memperoleh keterampilan. Dan mereka dapat menggunakan mesin hemat tenaga kerja untuk meningkatkan produksi. Kemudian mereka menukar produk spesialis tersebut, menyebarkan manfaat spesialisasi ke seluruh populasi.

Seberapa jauh dan seberapa cepat keuntungan menyebar tergantung pada seberapa luas dan efisien pasar tersebut. Seringkali, pemberi kerja mencoba menipu pasar untuk kepentingan mereka sendiri, dan meminta pemerintah untuk membantu mereka. Tetapi kepentingan terbaik rakyat biasa terlayani jika pembuat kebijakan menghindari intervensi semacam itu dan mempromosikan persaingan terbuka.

Akumulasi modal

Smith melanjutkan dengan mengatakan bahwa membangun modal adalah kondisi penting untuk kemajuan ekonomi. Dengan menyimpan sebagian dari apa yang kita hasilkan alih-alih langsung mengkonsumsinya, kita dapat berinvestasi dalam peralatan hemat tenaga kerja baru yang berdedikasi. Semakin banyak kami berinvestasi, semakin efisien produksi kami. Itu adalah lingkaran yang bajik.

Berkat pertumbuhan modal ini, kemakmuran menjadi kue yang berkembang: setiap orang menjadi lebih kaya. Tetapi modal bisa hilang, melalui kesalahan, atau pencurian, atau pemborosan pemerintah yang boros. Pemerintah harus bertujuan untuk memungkinkan orang membangun modal dengan keyakinan bahwa mereka akan menikmati buahnya, dan harus sadar bahwa pajak dan pengeluaran mereka sendiri akan memakan modal produktif negara.

Kebijakan ekonomi

Seperti halnya individu memperoleh keuntungan dari spesialisasi, kata Smith, begitu pula negara. Tidak ada gunanya mencoba menanam anggur di Skotlandia, ketika mereka tumbuh subur di Prancis. Negara harus melakukan apa yang terbaik mereka, dan memperdagangkan produk mereka. Pembatasan perdagangan internasional pasti membuat kedua belah pihak semakin miskin. Para pembuat undang-undang terlalu memikirkan diri mereka sendiri ketika mereka percaya bahwa dengan campur tangan, mereka dapat mengarahkan produksi lebih baik daripada pasar.

Peran pemerintah

Smith kritis terhadap pemerintah dan pejabat, tetapi bukan pendukung laissez-faire. Dia percaya bahwa ekonomi pasar yang telah dijelaskannya dapat berfungsi dan memberikan manfaatnya hanya jika aturannya dipatuhi - saat properti aman dan kontrak dihormati. Oleh karena itu, pemeliharaan keadilan dan supremasi hukum sangat penting.

Begitu juga pertahanan. Jika properti kita dapat dicuri oleh kekuatan asing, keadaan kita tidak lebih baik daripada jika tetangga kita sendiri yang mencurinya. Smith melihat peran pendidikan dan pekerjaan umum juga, sejauh proyek kolektif ini memudahkan perdagangan dan pasar untuk beroperasi.

Jika pajak harus dinaikkan untuk tujuan ini, pajak harus dinaikkan sebanding dengan kemampuan orang untuk membayar, pajak harus ditetapkan dengan tarif yang ditetapkan dan bukan sewenang-wenang, harus mudah dibayar, dan harus bertujuan untuk memiliki efek samping yang minimal. Pemerintah harus menghindari pajak modal, yang penting untuk produktivitas negara. Karena sebagian besar pengeluaran mereka untuk konsumsi saat ini, mereka juga harus menghindari membangun hutang yang besar, dengan menarik modal dari produksi di masa depan.

The Wealth of Nations hari ini

Dunia Smith sangat berbeda dengan dunia kita, tentu saja, sebelum Revolusi Industri mengubah segalanya. Hingga saat ini, dengan menunjukkan bagaimana kebebasan dan keamanan untuk bekerja, berdagang, menabung, dan berinvestasi meningkatkan kemakmuran kita, tanpa perlu otoritas pengarah, The Wealth Of Nations masih memberi kita serangkaian solusi yang kuat untuk masalah ekonomi terburuk yang dunia bisa menyerang kita. Ekonomi bebas adalah sistem yang dapat beradaptasi dan fleksibel, yang dapat menahan guncangan yang baru, dan mengatasi apa pun yang terjadi di masa depan. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
rekomendasi buku,
#
buku recomended,
#
buku adam smith,
#
the wealth of nations