MENU
icon label
image label
blacklogo

Selain Indonesia, Inilah Negara-negara yang Menggemarinya Tradisi Mudik

JUN 04, 2019@15:25 WIB | 498 Views

Mudik jadi tradisi yang tak terpisahkan dari masyarakat Indonesia saat Lebaran. Berbondong-bondong orang melaksanakan tradisi tersebut tanpa tahu asal muasal dan sejarah di balik mudik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) ada dua penjelasan tentang mudik. Pertama mudik diartikan sebagai berlayar atau pergi dari hulu sungai atau pedalaman. Kedua mudik diartikan sebagai  pulang ke kampung halaman.

Sementara jika dilihat dari sisi budaya, Mudik merupakan singkatan "Muleh Dilik" dalam kamus bahasa Jawa Ngoko atau pulang sebentar.

Sosiolog menilai tradisi mudik di Indonesia dinilai memiliki kekhasan dibandingkan dengan negara lain yang juga punya tradisi serupa seperti China saat Imlek dan Amerika Serikat saat Natal. Sebab, tradisi mudik di Indonesia dinilai sebagai ajang silaturahmi dan pengakuan kesuksesan bagi orang yang bermigrasi.

Selain Indonesia, beberapa negara juga punya tradisi mudik meski secara budaya berbeda. Dikutip dari berbagai sumber, sama halnya dengan Indonesia mudik juga jadi tradisi yang wajib dilakukan menjelang Lebaran oleh masyarakat Turki. Mereka juga membeli baju baru untuk Lebaran dan akan bersilaturahmi ke tetangga.

Selain Turki, ada juga tradisi mudik di Malaysia. Tradisi mudik di Malaysia lebih dikenal dengan istilah balik kampung dan dilakukan oleh mereka yang bekerja di tanah rantau. Saat musim mudik ini berbagai transportasi umum juga bakal dipadati oleh para pemudik.

India juga kental dengan tradisi mudik. Namun tak hanya Lebaran, para perantau yang bekerja atau belajar jauh dari tempat tinggal mereka akan pulang ke kampung halaman saat menyambut perayaan Diwali.

Negara yang berbatasan dengan Pakistan ini juga punya tradisi mudik. Ketika Hari Raya Idul Fitri akan tiba, jalanan akan dipenuhi oleh pemudik. Transportasi umum mulai dari darat, laut hingga udara juga dipadati oleh pemudik yang akan kembali ke kampung halaman.

Nah, sudah tahu kan makna di balik tradisi mudik serta negara-negara yang punya kultur seperti ini. bagi Blackpals yang hendak mudik jangan lupa jaga stamina dan hati-hati ya!

Tags :

#
mudik,
#
tradisi mudik,
#
black trend