MENU
icon label
image label
blacklogo

Buku Tiffany Shlain “24/6”: Puasa Gadget Bikin Produktif

JUL 20, 2020@16:00 WIB | 502 Views

Tiffany Shlain merupakan seorang sutradara, pembicara sekaligus penulis, dengan produktivitas tinggi. Ia juga dikenal sebagai pioner internet, pendiri Webby Awards dan International Academy of Digital Arts and Sciences. Bahkan Newsweek memberi predikat untuk Shlain sebagai salah satu ‘Women Shaping The 21st Century’ yang dihormati lewat karya dan kontribusinya.

Usianya yang memasuki 50 tahun justru membuat wanita yang satu ini begitu peka dengan internet. Shlain menyadari bahwa manusia telah terserap ke dunia teknologi dan internet, dengan interaksi sosial yang sangat minim. Melihat hal ini, Shlain berbagi pengalaman kepada pembaca lewat buku 24/6 : The Power of Unplugging One Day a Week yang pertama kali diterbitkan pada September 2019.

Dalam buku 256 halaman tersebut, Shlain mengeksplorasi bahwa puasa gadget sehari dalam seminggu dapat menciptakan keajaiban pada otak, tubuh dan jiwa Anda. Pelopor internet ini membawa kita pada perjalanan yang provokatif dan menghibur melalui waktu dan teknologi.

Di dunia yang 24/7, ia memperkenalkan strategi 24/6, dengan mematikan perangkat elektronik selama 24 jam penuh. Shlain dan keluarganya telah menjalankan praktek ini selama hampir satu dekade, yang telah sepenuhnya mengubah hidup mereka. Terbukti dengan karir Shlain yang bersinar, dengan lebih dari 80 penghargaan atas film garapannya, yang kerap menghiasi layar Sundance Film Festival.

Shlain dan keluarga memiliki lebih banyak waktu berkualitas, produktif, koneksi, dan hadir dalam berbagai acara. Shlain dan keluarga bahkan memberi nama untuk hari tanpa perangkat elektronik dengan ‘Shabbat Teknologi’.

Ditarik dari ritual kuno Shabbat, hidup 24/6 dapat diterapkan oleh siapa saja dari latar belakang apapun. Dengan humor dan bijaksana, Shlain berbagi kisah pribadinya dan memberi tips untuk Anda yang ingin meniru praktek ini. Sepanjang halaman, ia menggali informasi mengenai ilmu saraf, filsafat, psikologi, dan sejarah hari libur mingguan di seluruh budaya. Sehingga ada landasan yang jelas, mengapa kita perlu mengembalikan ritual tersebut.

Sebagai media yang mengumandangkan nilai dasar yang telah ditinggalkan di abad ini, buku 24/6 mendapat respon positif dengan rating 3.9 dari Goodreads. Dari sejumlah ulasan menarik, salah satunya datang dari Karyn M, seorang senior editor. Ia menyebut 24/6 : The Power of Unplugging One Day a Week  adalah pendekatan langsung untuk mengelola waktu dan teknologi.

“Kita semua tahu bahwa kita menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar, tetapi kita tidak tahu bagaimana sebenarnya mengubah hal-hal,” kata Karyn.

Untuk Anda yang penasaran, 24/6 : The Power of Unplugging One Day a Week dapat dibeli secara online atau silakan kunjungi TiffanyShlain.com untuk info lebih lanjut. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tiffany shlain,
#
gadget,
#
buku recomended,
#
pioner internet,
#
black trend