MENU
icon label
image label
blacklogo

Zen and the Art of Motorcycle Maintenance Karya Robert Pirsig Masih Bergema

NOV 30, 2020@08:00 WIB | 163 Views

Kendati ini buku terbit beberapa waktu lalu, gemanya masih terasa hingga kini. Inilah buku hasil meditasi penulis tentang teknologi menapaki jalan yang benar-benar baru di dunia digital modern. Bahkan sepeda motor Honda Super Hawk 1966 milik Pirsig, ditampilkan dalam novelnya Zen and the Art of Motorcycle Maintenance: An Enquiry Into Values.

Membaca uraian Robert Pirsig tentang perjalanan darat ini, bisa membuat seseorang merasa kehilangan. Dalam novel otobiografinya tahun 1974, Zen and the Art of Motorcycle Maintenance, ia menggambarkan kecepatan yang tidak tergesa-gesa melalui jalan dua jalur dan melalui badai petir yang mengejutkan narator dan rekan-rekannya saat mereka berkendara melalui dataran North Dakota.

Mereka mencatat mil dalam bau rawa yang bervariasi secara halus dan melihat burung hitam yang terlihat, bukan dalam koordinat yang dicentang. Hal yang paling mengejutkan, ada seorang anak di belakang salah satu sepeda motor. Kapan terakhir kali Anda melihatnya seperti itu? Paparan para pelancong — bahaya tubuh, ke semua hal yang tidak diketahui di jalan — menarik perhatian pembaca, terutama jika mereka saat ini tidak mengendarai sepeda motor. Entah bagaimana eksistensial dalam maknanya: Pirsig menyampaikan pengalaman berada di dunia sepenuhnya.

Jika pengalaman seperti itu terasa kurang tersedia bagi kita sekarang, Pirsig tidak akan terkejut. Karena ia sudah mengalaminya pada tahun 1974, bahkan dia menawarkan cerita ini sebagai meditasi tentang cara bergerak di seluruh dunia, yang rasanya akan segera punah.

Buku, dengan narasi perjalanan bersama putra dan dua temannya sebagai perjalanan penyelidikan akan nilai-nilai kehidupan. Kemudian menjadi buku terlaris, dan dalam beberapa dekade sejak penerbitannya telah menginspirasi jutaan orang untuk mencari akomodasi mereka sendiri dengan kehidupan modern.

Meski demikian, inti dari cerita ini adalah sepeda motor itu sendiri, Honda Super Hawk tahun 1966. Honda mulai dijual secara luas di Amerika pada 1960-an, meresmikan ketertarikan yang kuat dengan desain Jepang di kalangan pengendara Amerika.

Pendiri perusahaan, Soichiro Honda, mengangkat gagasan "kualitas", bertepatan dengan upaya Pirsig sendiri dalam Zen untuk mengartikulasikan "metafisika kualitas". Tulisan Pirsig menyampaikan kesetiaannya pada mesin ini, serta hubungan kepedulian yang terjalin selama bertahun-tahun.  Pirsig, meninggal dunia pada tahun 2017. Sayangnya dia menahan diri dari sebagian besar wawancara setelah menerbitkan novel kedua, Lila, pada tahun 1991.

Namun berbagai sumber mengatakan dia dengan sabar merawat sepeda motornya sendiri, tunduk pada kebutuhan mekanisnya yang unik dan belajar untuk memahaminya. Cara hidupnya dengan mesin tidak bergantung pada rayuan kenyamanan yang mudah; itu menuntut kita untuk mengotori tangan kita, untuk menjadi mandiri.

Dalam Zen, kita melihat seorang pria mempertahankan keterikatan langsung dengan dunia benda-benda material, dan dengan itu ada semacam kemandirian — baik dari pemasok sihir maupun dari keputusasaan budaya. [eli/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
art of motorcycle maintenance,
#
zen,
#
robert pirsig,
#
buku meditasi,
#
buku otomotif,
#
rekomendasi buku,
#
buku recomended