MENU
icon label
image label
blacklogo

The 7 Habits of Highly Successful People by Stephen Covey

DEC 07, 2020@08:00 WIB | 580 Views

Setiap pribadi pasti punya potensi untuk mengembangkan diri. Dengan memperhatikan dan menganalisasi sederet tokoh sukses, Stephen Covey datang merangkum pengetahuan tersebut lewat bukunya, The 7 Habits of Highly Successful People.

Pertama kali diterbitkan pada tahun 1989, buku ini jadi begitu populer berkat kontennya yang berkaitan erat dengan pembaca. Orang-orang langsung mengamuk ketika menyadari mereka mengarah ke arah yang salah. Lebih dari itu, mereka mulai menyadari ada banyak hal hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengarahkan hidup dengan benar. Buku ini adalah edukasi yang luar biasa, bagaimana menjalani hidup secara efektif dan mendekati cita-cita menjadi sukses.

The 7 Habits of Highly Successful People hingga saat ini telah terjual lebih dari 15 juta kopi dalam 38 bahasa sejak publikasi pertamanya. Ini ditandai dengan dirilisnya edisi ulang tahun ke-15 tahun 2004. Covey menyajikan pendekatan untuk menjadi efektif dalam mencapai tujuan dengan menyelaraskan diri pada apa yang dia sebut sebagai prinsip etika karakter yang menurutnya universal dan abadi.

Namun, tidak semua orang memahami prinsip Stephen Covey dengan baik. Tipe pertama adalah pembaca merasa ini  hanya mahakarya sebagai rekan meminum kopi dan tidak benar-benar berusaha untuk mengimplementasikannya. Tipe kedua adalah pembaca yang memiliki pandangan yang kabur tentang cita-cita Covey. Mereka dapat menjelaskan 7 kebiasaan itu dari ujung ke ujung, hingga akhirnya kehilangan gambaran yang lebih besar.

Ketujuh hal yang dimaksud Covey di sini, dimulai dengan be proactive, begin with the end in mind,put first things first, think win/win dan seek first to understand, then to be understood. Dua kebiasaan terakhir adala dengan synergize dan sharpen the saw.

Oleh karena itu, membaca The 7 Habits of Highly Successful People pada dasarnya, harus benar-benar mengetahui tujuan Anda. Andapun tidak serta-merta langsung dibawa pada inti dari 7 kebiasaan ini, tapi Covey memulainya dengan indah lewat konsep yang mendasarinya.

Setelah mendapat pehamanan yang baik, mulailah mengadaptaasi nilai-nilai yang dibagikan, meskipun itu terdengar sederhana. Ini termasuk tentang prinsip penting yang harus dipegang, karakter apa saja yang harus dibangun, dan hal apa yang harus dihindari, yang dapat menggiring ke arah ketidakefektifan.

Usai membaca The 7 Habits of Highly Successful People, tak ada salahnya untuk melanjutkannya dengan The 8th Habit : From Effectiveness to Greatness yang diterbitkan pada tahun 2004. Selamat membaca! [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
stephen covey,
#
buku recomended,
#
rekomendasi buku buku stephen covey