MENU
icon label
image label
blacklogo

Ketahui Fokus Sebagai Kunci Produktivitas dalam Buku Chris Bailey “Hyperfocus”

JUL 20, 2020@13:30 WIB | 101 Views

Pakar produktivitas Kanada kembali dengan sudut pandang yang benar-benar segar, tentang cara berbuat lebih banyak dengan modal sedikit. Sepanjang eksprerimen dan penelitiannya, Chris Bailey menemukan banyak wawasan yang tidak banyak diketahui tentang bagaimana fokus berpengaruh besar terhadap produktivitas. Hasilnya tertuang dalam buku edukatif dan praktis lewat buku Hyperfocus : How To Be More Productive in a World of Distraction  yang diterbitkan pada tahun 2018.

Bailey menemukan bahwa fokus merupakan elemen kunci dari produktivitas, yang berbeda dari pemikiran kita selama ini. Fokus ternyata bukan hanya tentang peningkatan kesadaran, tetapi itu adalah keseimbangan antara dua kerangka pikiran.

Penelitian ilmu saraf terbaru tentang perhatian mengungkapkan bahwa otak kita memiliki dua mode kuat yang dapat dibuka ketika kita menggunakan perhatian dengan baik. Itu adalah mode fokus alis hyperfocus dan mode kreatif alias scatterfocus. Hyperfocus adalah dasar untuk menjadi sangat produktif, sementara scatterfocus memungkinkan kita untuk menghubungkan ide-ide dengan cara-cara baru. 

Buku Hyperfocus : How To Be More Productive in a World of Distraction dari Bailey akan mengajarkan pembaca bagaimana untuk mengaktifkan kedua fokus ini. Sehingga kita dapat berkonsentrasi lebih dalam, berpikir lebih jernih dan  menjalani karir dan kehidupan dengan maksimal. Ini adalah perspektif dan langkah baru yang didasari sains dan eksperimen panjang, mengenai peningkatan produktivitas yang bermula dari fokus.

Chris Bailey menyajikan sejumlah teori di beberapa bab awal buku Hyperfocus : How To Be More Productive in a World of Distraction, sebelum akhirnya masuk pada cara-cara praktis. Langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk meningkatkan fokus adalah dengan menjauh dari ponsel ketika sedang bekerja. Sebab tanpa disadari, bekerja dengan ponsel di sekitar membuat perhatian teralihkan. Kita ingin menyelesaikan pekerjaan dengan terburu-buru hanya untuk kembali menyentuh ponsel.

Hal sederhana lainnya untuk meningkatkan fokus adalah dengan membersihkan ponsel dari sejumlah aplikasi sosial media yang menguras waktu. Memang, itu diperlukan sebagai jendela berinteraksi dengan orang lain. Tetapi, akan bermasalah apabila Anda tipikal orang yang tidak dapat mengontrol waktu ketika berselancar di sosial media.

Perkembangan teknologi yang pesat memang tak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Apalagi bagi Anda yang memiliki karir berhubungan dengan media. Akan tetapi, Anda harus pahami bahwa hidup adalah sesuatu yang nyata dan hanya sekali. Oleh karena itu, Anda harus berusaha untuk menjadi versi terbaik dari diri Anda. Jalanilah hidup lebih produktif dengan mengikuti rangkaian langkah-langkah dari Chris Bailey dalam Hyperfocus : How To Be More Productive in a World of Distraction. [yub/asl/timBX]

Tags :

#
buku recomended,
#
hyperfocus,
#
chris bailey,
#
black trend