MENU
icon label
image label
blacklogo

Minuman Vesper Ala James Bond

NOV 02, 2020@19:00 WIB | 283 Views

James Bond merupakan tokoh karakter dalam novel karya penulis Ian Fleming dengan judul yang sama hingga menjadi sangat terkenal setelah difilmkan. Sudah ada banyak versi dari kisah novel ini. Beberapa diantaranya bahkan masuk daftar film terlaris dunia atau box office. Tokoh sentral ini menjadi tren tersendiri dengan gayanya yang banyak membuat wanita luluh, mulai dari gaya busana hingga ke gaya minumnya sekalipun. Nah, tentang gaya minumnya, ada minuman khasnya yang cukup melekat bagi penggemarnya, yakni Vesper ala James Bond. Vesper ini menjadi koktail yang dikenal di seluruh dunia; itulah kekuatan merek pribadi yang kuat.

Dalam novel Fleming 1953 Casino Royale, James Bond memesan koktail yang belum disebutkan namanya berikut ini dari seorang bartender: "Tiga takaran Gordon, satu vodka, setengah takaran Kina Lillet. Kocok dengan baik sampai sedingin es, lalu tambahkan yang besar, serta irisan tipis kulit lemon. Mengerti?" Namun minuman yang dipesan tidaklah sesuai permintaannya. Tak lama kemudian Bond menamai Vesper tersebut. Dan kemudian dia tidak pernah memesannya di tempat itu lagi.

Banyak yang telah berubah sejak 1953 — ya, enam orang telah memainkan James Bond sejak itu — dan itu termasuk bahan-bahan dalam Vesper asli James Bond. Gin Gordon tidak lagi sekuat dulu, salah satunya. Alasan lainnya, Lillet mengubah formulanya; Kina Lillet menjadi Lillet Blanc yang tidak terlalu pahit. Nah, disini mencoba meniru resep asli seperti yang diperintahkan Bond, dan ini cara menyesuaikannya sehingga lebih mirip dengan versi 1953.

Vesper, dekat dengan martini yang tepat tetapi tidak ada yang mendekati seimbang, memiliki potensi untuk itu, tentu. Rasio gin, vodka, dan Lillet (minuman beralkohol Prancis yang digunakan sebagai pengganti vermouth) patut dipertanyakan, tetapi kami tidak akan merusak resep ini. Berikut caranya;

1. Aduk bahan cepat-cepat dengan es batu dalam loyang sampai sangat dingin

2. Lalu saring ke dalam gelas koktail dingin. Kemudian hiasi dengan kulit lemon.

Vesper ini menjadi minuman ciptaan James Bond sendiri, tapi itu bukan minuman favoritnya. Untuk itu, Anda ingin membuat Vodka Martini, atau Gin Martini yang mungkin akan lebih dinikmati oleh Anda. Sesuai dengan tema Bond, Anda juga bisa menjadikan diri Anda Old Fashioned, Scotch and Soda, atau Americano — semuanya dipesan oleh agen pada satu atau lainnya. Jadi ini mungkin tidak semata Vesper ala James Bond, tetapi bisa jadi Vesper versi sendiri meski sedikit meniru resep aslinya.  [inn/asl/timBX]

Tags :

#
minuman vesper,
#
james bond,
#
rekomendasi minuman,
#
vesper ala james bond,
#
vesper james bond