MENU
icon label
image label
blacklogo

10 Arloji dengan Desain untuk Kalian Para Pecinta Otomotif

OCT 25, 2021@18:30 WIB | 600 Views

Jam tangan dan otomotif sejak dulu sudah memiliki hubungan erat dan masih bertahan hingga sekarang.

Dulu jam tangan adalah barang wajib untuk para pembalap mobil. Stopwatch yang berat danbesar diikatkan ke lengan mereka untuk menghitung waktu putaran dan menghitung kecepatan mereka.

Kemudian muncul jam tangan khusus yang didesain dengan sudut khusus agar mereka bisa melihat waktu tanpa melepas genggaman di setir. Bahkan arloji tahun 60-an terkenal dengan deretan desain sarat balap, penerbangan, dan eksplorasi luar angkasa.

Saat ini olahraga otomotif sudah dilengkapi dengan sistem timing khusus yang lebih akurat. Namun desain arloji yang menangkap bentuk dan suara mesin otomotif sudah menjadi hall umrah dan menarik bagi para penggemar horologi.

Di bawah ini adalah 10 jam tangan modern dari Gear Patrol dengan desain yang ramah pengendara untuk kalian yang suka berkelana di atas mesin gagah.

1. Seiko x Giugiaro SCEDO57

Sejak tahun 1938, Seiko sudah bekerjasama dengan rumah desain asal Italia Italdesign Giugiaro untuk koleksi arloji yang fokus pada pengguna dengan desain yang tidak terduga.

SCEDO57 dibuat untuk para pengendara motor dengan sudut 15 derajat yang unik dan dimiringkan 5 derajat. Desain ini dibuat agar memudahkan membaca waktu saat naik kendaraan roda dua itu. Dialnya sendiri mengikuti tradisi Italdesign yang khas supercar tahun 80-an.

2. Autodromo Stradale

AUtofrome adalah brand butik arloji dan pemimpin indsutri dalam pembuatan jam angan yang terlihat seperti dashboard mobil.

Stradale sendiri memiliki desain klasik dengan dial berdesain two tial, jarum jam menit berwarna jingga, dan dua baut di tengah dial memberikan kesan speedometer Italian tahun 60-an sekarang berada di lenganmu.

Baca juga: Patek Philippe Nautilus Olive Green Siap Diperebutkan (Lagi)

3. Oak & Oscar Jackson

Arloji Oak & Oscar pertama diberi nama berdasarkan balapan remi pertama di Amerika, sebuah jalan 54 mil dari Jackson Park di Chicago hingga Evanston dan kembali lagi.

Desainnya dibuat sarat tahun 60-an dan 70-an dengan fitur flyback. Fitur ini memungkinkan pengguna mencatat waktu berturut-turut tanpa menghentikan dan mengulangi chronograph.

4. Oris Chronoris Williams 40th Anniversary

Oris juga pernah bekerja sama dengan tim F1 Williams untuk sebuah arloji otomotif modern. Dialnya bersih dari berbagai branding kecuali lingkaran asken biru. Selain itu, desainnya juga dibuat menyeruapi desain retro tahun 70-an dengan bentuk barrel tanpa lug.

5. Raidillon 41-CIC-301

Brand asal Bergian ini dinamai berdasarkan tanjakan terkenal di sudut tangan kanan di track balap Circuit de Spa-Francorchamps. Tak heran, merek ini pun fokus membuat jam tangan yang terinspirasi dari olahraga balap motor, baik dengan desain vintage maupun modern.

Jam tangan satu ini dibuat oleh desainer Axel Enthoven dengan dial metalik, case dengan pinggir datar, dan crown knurled. Desain ini membuatnya jam tangan ini terlihat seperti diambil keluar langsung dari mesin kendaraan.

Baca juga: Roger Dubuis Buat Lamborghini Countach Terbaru Jadi Jam Tangan

6. Nomos Autobahn

Autobahn dibuat oleh desainer Jerman dan penggemar otomotif (mobil) Werner Aisslinger dan terinspirasi dari meteran mobil.

Meteran ini membentang dari arah jam 8 hingga jam 4 dan diberi cat lume yang bisa menyala dalam gelap. Selain itu, ada juga lubang tangga yang terlihat seperti odometer dan menampilkan 3 angka tanggal sekaligus.

7. TAG Heuer Autavia

Nama Autavia muncul pertama kali untuk penghitung waktu yang ditaruh di bagian dashboard di tahun 30-an. Alat ini kemudian dipakai lagi oleh Heuer di tahun 60-an untuk keluaran arlojinya.

Arloji ini kemudian menjadi yang pertama memakai besel tachymeter yang bisa diputar untuk memudahkan kalkulasi kecepatan.

8. TAG Heuer Monza

Selain Autavia, TAG Heuer juga memiliki Monza yang dibuat di tahun 1976 untuk merayakan kemenangan Ferrari di F1 World Championship tahun 1975. Kemenangan ini derail oleh Niki Lauda di kandang Ferrari di Autodromo Nazionale Monza.

Arloji Monza original terbuat dari case stainless steel dengan lapisan PVD dan menjadi salah satu arloji hitam penuh pertama.

9. Icon Duesey

Jam tangan ini memiliki desain dial jump hour dengan jam dan menit yang ditampilkan dengan piringan berputar. Desain ini dibuat oleh auto restorer terkenal Jonathan Ward. Semua bagian ini tersimpan dalam case titanium.

Baca juga: IWC dan Hot Wheels Bersama Keluarkan Mobil Legendaris

10. Rolex Daytona

Koleksi ikonik milik Rolex ini diberi nama dari Daytona International Speedway dan sering terlihat di lengan para pembalap, termasuk legenda balap Paul Newman.

Arloji ini bahkan diberikan sebagai tropi untuk pemenang balap 24 Hours of Daytona. Didesain kembali beberapa tahun lalau, saat ini Daytona modern masih dekat dengan desain-desain awalnya dan membuatya disukai oleh para pembalap dan kolektor jam.[eve/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
arloji,
#
arloji untuk pria,
#
arloji dengan desain ramah otomotif,
#
rekomendasi arloji