MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Untuk Anda Yang Ingin Memulai Olahraga Lari (Part 1)

JUN 16, 2021@11:00 WIB | 171 Views

Lari adalah salah satu olahraga yang paling diremehkan. Padahal lari merupakan olahraga simple yang bisa dilakukan siapa saja tanpa harus menargetkan waktu dan tempat. Lupakan gym yang penuh dengan orang-orang berkeringat dan sesak di mana satu-satunya pemandangan yang Anda miliki adalah kepala orang di depan Anda (jika Anda beruntung).

Dengan berlari Anda bisa menghirup udara segar dan kesempatan untuk mengagumi keindahan lingkungan kita sehari-hari. Atau bahkan menjelajahi tempat baru. Tapi Anda mungkin sudah tahu itu.  Berikut adalah kiat-kiat terbaik untuk Anda pelari pemula, yang akan membantu Anda memulai semua dengan benar.

1. Mulai dari Tempat Anda Berada

Anda tidak harus menjadi Forrest Gump dan berlari melintasi negara pada lari pertama Anda. Tubuh Anda akan membutuhkan waktu untuk beradaptasi dengan berlari, jadi mulailah dari tempat Anda berada, cobalah jogging/jalan kaki untuk jarak pendek terlebih dahulu (misalnya 2-5 km, 3-4 kali seminggu), dan lihat bagaimana perasaan Anda.

Lari mirip dengan angkat beban di gym, Anda tidak akan langsung mengejar beban terberat (kecuali jika Anda kalah dalam pertempuran melawan ego Anda). Anda memperhitungkan kemampuan tubuh Anda, dan itulah yang harus Anda lakukan saat berlari.

Berlari terlalu cepat atau terlalu memaksakan diri dapat menyebabkan paha belakang tertarik atau robek, terutama bagi pemula, yang akan memengaruhi lebih dari sekadar lari Anda. Tugas sehari-hari yang sederhana akan menjadi tantangan. Cara yang terbaik adalah melakukannya dengan kecepatan Anda sendiri dan penting bagi Anda untuk meluangkan waktu untuk mencari tahu.

Setelah kira-kira 4-6 minggu, jika Anda merasa baik-baik saja, tingkatkan jarak/kecepatan secara bertahap, dan ulangi. Ini akan memakan waktu, jadi bersabarlah dan jangan terburu-buru dalam prosesnya. Lambat dan mantap memenangkan perlombaan setelah semua.

2. Dapatkan Sepatu yang Tepat Untuk Anda

Sepatu yang tepat dapat membuat semua perbedaan. Bahkan pelari yang hebat pun tidak dapat berlari jauh dengan sepatu yang terlalu kecil atau tidak memiliki fleksibilitas. Memilih sepatu yang tepat yang cocok untuk Anda di awal, akan membuat perbedaan besar pada lari Anda nanti.

Tampaknya jelas bahwa sepatu lari adalah satu-satunya pilihan yang tepat untuk berlari, bukan? Jangan sampai Anda memilih sandal jepit. Pasti Anda menginginkan sepasang sepatu yang ringan di kaki Anda, serta Anda dapat bebas bergerak dan pas.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk model atau teknologi terbaru untuk menjadi pelari yang lebih baik, cukup temukan sesuatu yang nyaman yang cocok untuk Anda. Tetapi jika Anda mencari alasan untuk mencoba sepasang sepatu terbaru, ini dia. Investasikan pada diri Anda sendiri.

3. Menjadi Lebih Kuat

Banyak pelari hanya ingin berlari, program kekuatan dan mobilitas dasar yang baik akan membantu mengurangi risiko cedera, dan membantu Anda menjadi pelari yang lebih tangguh.

Lari adalah latihan seluruh tubuh. Ini melibatkan inti Anda, fleksor pinggul, glutes, paha depan, paha belakang, dan otot betis. Semakin kuat otot-otot ini, semakin baik kinerja Anda. Jika Anda ingin serius berlari, Anda harus membagi perhatian di antara tubuh Anda.

Tapi jangan khawatir, kamu tidak perlu ikut gym, atau punya banyak perlengkapan. Anda dapat melakukan sebagian besar rutinitas dari rumah dengan matras yoga, dan beberapa beban bebas atau kettlebell. Ada banyak video instruksional yang bagus di YouTube tentang latihan kekuatan/mobilitas untuk pelari. Cukup latihan sederhana 10-20 menit, 3-4 kali seminggu karena hanya itu yang diperlukan untuk membantu Anda tetap di jalur dan meminimalkan cedera.

4. Makan dan Minum dengan Baik

Makan makanan yang seimbang dan tetap terhidrasi akan memberi tubuh Anda kesempatan terbaik untuk performa lari yang tinggi. Apakah Anda seorang pelari lingkungan ringan atau ultramaraton, mengisi tubuh Anda dengan makanan yang tepat akan membuat semua perbedaan.

Tidak ada rencana diet atau nutrisi khusus pelari. Kita semua berbeda, dan tubuh kita semua memproses dan menggunakan apa yang kita makan berdasarkan metabolisme, gaya hidup, usia, jenis kelamin, dll. Namun, secara umum, makan segar, makanan utuh, dan minum cukup air akan membantu tubuh Anda mengisi dan memperbaiki dirinya sendiri. Mendapatkan jumlah protein yang tepat dan karbohidrat yang baik, akan membantu pertumbuhan tubuh Anda.

Sebelum berlari, Anda sebaiknya menghindari makanan tinggi lemak karena dapat menyebabkan kram dan kelelahan karena tubuh Anda akan mengarahkan energinya ke pencernaan alih-alih berlari. Sebaliknya, pilihlah makanan yang mendukung karbohidrat karena akan dipecah menjadi glukosa, sumber energi utama bagi tubuh saat berlari. Tapi tunggu minimal 30 menit sebelum Anda pergi, jika tidak, Anda bisa kesulitan menahannya.

Selain itu, ada baiknya untuk melakukan tes darah untuk melihat apakah Anda kekurangan di suatu area (seperti kekurangan zat besi) dan mengonsumsi suplemen tambahan seperti multivitamin, magnesium, dll. Namun tidak ada salahnya untuk makan kue sesekali.

Makan yang tidak baik juga dapat memengaruhi kondisi mental Anda dan apakah Anda percaya pada diri sendiri atau tidak. Jika Anda secara teratur mengonsumsi vitamin dan mineral penting dengan air yang cukup untuk mengantarkannya ke setiap sel dalam tubuh Anda, Anda akan merasa baik yang akan tercermin dalam lari Anda. Anda akan melatih diri dan dapat berlari lebih jauh. [shf/asl/timBX]

Tags :

#
tips pria,
#
tips,
#
olahraga lari