MENU
icon label
image label
blacklogo

Langkah-langkah Membersihkan Layar Laptop

MAR 20, 2020@15:45 WIB | 3,259 Views

Laptop, perangkat untuk bekerja ataupun bermain hampir dimiliki oleh semua orang. Walaupun laptop sudah sejak lama menjadi barang umum di mata masyarakat, tetapi masih banyak yang tidak tahu dan paham secara bagaimana cara merawatnya dan bagian layar laptop.

Maka dari itu, kami merangkum beberapa langkah untuk membersihkan layar laptop kesayangan Anda.

  • Matikan laptop

Tentu saja sebelum memulai proses pembersihan pada layar, laptop harus dimatikan agar jika memang ada kebocoran di bagian pinggir layar dan terkena cairan pembersih tidak akan langsung terjadi korslet.

  • Tutup keyboard

Menutup keyboard dengan menggunakan kain bersih bertujuan agar tidak ada cairan atau kotoran dari layar yang masuk kesela-sela tombol keyboard yang menyebabkan keyboard terganggu fungsinya atau malah tidak bisa berfungsi lagi.

  • Bersihkan dengan kain

Hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan noda yang terlihat, namun dengan catatan dilakukan dengan lembut karena kebanyakan darilayar laptop LCD sangat sensitif. Banyak layar yang tidak memiliki lapisan perlindungan yang dimiliki layar kaca pada monitor CRT lama.

  • Gunakan cairan pembersih layar

Gunakan pembersih yang memang dikhususkan untuk layar LCD yang banyak dijual di toko-toko peralatan komputer. Namun jangan kecewa dulu dengan harganya yang lumayan mahal, karena pembersih layar tersebut juga bisa digunakan untuk layar ponsel Anda. Jika Anda tidak memikinya maka Anda bisa menggunakan kapas yang teteskan alkohol. Dengan catatan tingkat pengerjaan akan lebih lama karena pembersih layar tersebut memiliki sifat yang lebih kuat dibanding dengan alkohol.

  • Bersihkan dengan lembut

Seperti yang disebutkan tadi bahwa layar LCD laptop sangat sensitif, maka lakukanlah pembersihan dengan lembut dan tidak terburu-buru. Ini dimaksudkan agar kotoran bisa hilang sempurna tanpa ada yang terlewatkan sedikit pun.

  • Bersihkan dengan lap microfiber

Lap ini digunakan selain untuk menghilangkan sisa bercak air pembersih yang ada di layar, juga sebagai pembersih bekas sidik jari yang terbentuk pada saat proses pembersihan. Lakukan proses terakhir ini dengan seksama agar tidak ada air yang tertinggal di sela-sela layar dan juga badan laptop, karena jika ada sisa air di sana kemungkinan akan terjadi penjamuran dan itu sangat sulit dihilangkan dan yang lebih parahnya dalah terjadi korslet pada laptop.[Sht/Hsn/timBX]

Tags :

#
layar,
#
layar laptop,
#
membersihkan layar laptop