MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Mudah Screenshot Layar Android dengan Cepat

JUL 28, 2020@14:00 WIB | 149 Views

Salah satu aktifitas yang sering dilakukan pengguna smartphone android ialah mengambil gambar bukan dengan camera tapi tangkap layar (screenshot). Masing-masing pengguna memiliki cara sendiri untuk men-screenshot gambar yang dibutuhkan. Namun belum tentu semua tahu cara cepat men-screenshot di Android.

Ada banyak menfaat dari tangkapan layar. Fungsi penting yang pertama sebagai bukti otentik peristiwa digital seperti chatting yang mengandung unsur signifikan. Lumrah juga dilakukan, tangkapan layar dijadikan lampiran (barang bukti) sebuah laporan kasus pelanggaran UU ITE. Dengan melakukan screenshot, bukti bisa didapat, sebelum akhirnya data tersebut dihapus oleh yang bersangkutan.

Untuk memudahkan, ada dua cara untuk menscreenshot di layar Android. Cara ini menggunakan sample Android 9 atau versi Android terbaru.

Pertama, tekan dan tahan tombol daya. Anda akan mendapatkan jendela sembul di sisi kanan layar Anda dengan ikon yang memungkinkan Anda mematikan, memulai ulang, memanggil nomor darurat, atau mengambil tangkapan layar. Kedua, tahan tombol daya dan tekan tombol volume turun. Cara yang kedua ini kemungkinan lebih banyak yang telah mempraktikkannya.

Biasanya, usai screenshot, segera muncul versi lebih kecil sesaat kemudian menghilang. Sebuah drop-down akan muncul sebentar di sisi atas layar yang menunjukkan kepada pengguna bahwa screenshot sedang disimpan, dan kemudian akan digantikan oleh drop-down lain yang, jika Anda mengetuknya, akan membiarkan Anda berbagi, menghapus hasil screenshot atau membuat beberapa pengeditan dasar. Kotak itu akan hilang setelah beberapa detik, tetapi jika Anda memeriksa bilah notifikasi kiri atas, Anda akan menemukannya untuk tangkapan layar tersebut.

Beberapa ponsel Android seperti Samsung dan Huawei tertentu memungkinkan Anda mengambil tangkapan layar "panjang", tempat Anda dapat menggulir layar ke bawah dan mengambil seluruh halaman. Periksa halaman dukungan ponsel Anda jika Anda merasa mungkin memilikinya. Ini bisa berguna.

Jika Anda ingin menemukan semua tangkapan layar sebelumnya: Langsung saja masuk ke galeri, lalu ketuk tiga garis atau titik tiga di sudut kiri atas, selanjutnya pilih "Folder perangkat"> "Screenshot".

Itulah caranya blackpals, sangat mudah dan sesederhana itu. Selamat mencoba. [asl/timBX]

Tags :

#
cara screenshot,
#
tips screenshot android,
#
cara tangkap layar

RELATED ARTICLE