MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Cepat Mengambil Screenshot di Ponsel Android

OCT 09, 2020@15:00 WIB | 143 Views

Keberadaan Screenshot (tangkapan layar) sangatlah diperlukan, bahkan sangat berguna. Anda dapat menggunakan Screenshot untuk menunjukkan kepada kakek Anda cara menggunakan aplikasi baru. Atau untuk mengirimkan cuplikan pesan kesalahan aneh tersebut ke departemen TI perusahaan. Atau untuk menangkap tweet - milik Anda atau orang lain - sebelum mereka menghilang. Dan metode untuk mengambil screenshot dapat berbeda tergantung pada versi Android yang dijalankan ponsel Anda, dan juga pembuat ponsel Anda. Berikut caranya:

Langkah Mengambil Screenshot di Android 11

- Tahan tombol daya dan tekan tombol volume turun. Atau...

- Gunakan panel multitasking, yang menampilkan semua aplikasi Anda saat ini, untuk menampilkan tombol Screenshot. (Catatan: Anda tidak akan melihat tombol jika Anda menggunakan navigasi 2 tombol. Untuk informasi lebih lanjut tentang beralih metode navigasi, periksa penjelasan kami di sini.). Ketuk tombol untuk mengambil screenshot dari halaman yang terlihat.

- Apa pun itu, tangkapan layar akan muncul sebagai gambar kecil di sudut kiri bawah. Ketuk thumbnail untuk mengedit, membagikannya, atau menghapusnya.

Langkah Mengambil  Screenshot di Android 10

- Tekan dan tahan tombol power. Anda akan mendapatkan jendela munculan di sisi kanan layar dengan ikon yang memungkinkan Anda mematikan, memulai ulang, menelepon nomor darurat, atau mengambil tangkapan layar. Atau...

- Tahan tombol daya dan tekan tombol volume turun.

- Setelah Anda mengambil tangkapan layar, tangkapan layar akan muncul sebentar sebagai versi yang lebih kecil dan kemudian menghilang. Pemberitahuan akan muncul di bagian atas layar yang memberi tahu Anda bahwa tangkapan layar sedang disimpan, dan kemudian, dalam beberapa detik, itu akan diganti dengan drop-down yang jika Anda mengetuknya, akan membiarkan Anda berbagi atau menghapus tangkapan layar atau melakukan pengeditan dasar. Tarik-turun itu juga akan hilang setelah beberapa detik, tetapi jika Anda memeriksa bilah pemberitahuan kiri atas, Anda akan menemukan satu untuk tangkapan layar itu.

Note : Beberapa ponsel Android (misalnya, ponsel Samsung dan Huawei tertentu) memungkinkan Anda mengambil screenshot "panjang", di mana Anda dapat menggulir layar ke bawah dan menangkap seluruh halaman. Periksa halaman dukungan ponsel Anda jika menurut Anda Anda mungkin memilikinya. Ini bisa berguna.

Langkah Menemukan Screenshot

Bila Anda ingin menemukan semua screenshot (tangkapan layar) sebelumnya, dan Anda menggunakan Android 10 atau yang lebih lama:

- Buka Photos app (aplikasi Foto) Anda lalu ketuk tiga garis paralel di pojok kiri atas

- Pilih “Device folders” (Folder perangkat) > “Screenshots” (Tangkapan Layar)

Dan bila ingin menemukan semua tangkapan layar Anda sebelumnya, dan Anda menggunakan Android 11:

- Buka aplikasi Foto (Photos app) Anda

- Ketuk "Library" di pojok kanan bawah

- Di bawah kategori " Photos on device" Anda akan melihat satu ikon dengan kata "Screenshots" di bawahnya. Ketuk/Tap itu.

Itulah cara cepat mengambil screenshot di ponsel Android. Semoga bermanfaat. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
cara screenshot ponsel android,
#
tips screenshot,
#
trik screenshot

RELATED ARTICLE