MENU
icon label
image label
blacklogo

YouTube Uji Coba Fitur Chapter Video Dengan AI

DEC 02, 2020@09:30 WIB | 297 Views

Dikenal sebagai platform video terpopuler, YouTube begitu digandrungi oleh pemirsa seluruh dunia. Kemampuannya sebagai wadah berkumpulnya ragam video dan bertemunya penggemar, tak membuat platform berdiam diri. YouTube terus berupaya mengembangkan fitur demi fitur untuk mendukung kenyamanan bagi pembuat konten maupun pemirsa.

Salah satu fitur baru yang diperkenalkan YouTube ke platformnya adalah chapter video, yakni kemampuan pembuat konten untuk memecah videonya menjadi beberapa bagian. Dengan demikian, pengguna dapat dengan mudah dan cepat melompat ke bagian yang mereka inginkan. Namun, pembuat konten selalu bertanggung jawab untuk menambahkan bab-bab ini sendiri, yang berarti tidak semua video memiliki bab-bab ini.

Kabar baik bagi pembuat dan pemirsa YouTube karena fitur ini dikabarkan sedang dalam uji coba otomatisasi dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Intelligence). Artinya, kreator tidak perlu menambahkan stempel waktu secara manual karena AI dapat membantu mereka menentukan kapan dan di mana bab-bab ini harus ditempatkan.

“Kami ingin memudahkan orang untuk menavigasi video dengan bagian video, jadi kami bereksperimen dengan menambahkan bagian video secara otomatis. Kami akan menggunakan pembelajaran mesin untuk mengenali teks untuk membuat bagian video secara otomatis. Kami sedang mengujinya dengan sekelompok kecil video,” terang pihak YouTube dalam laman resminya, dikutip Kamis (26/11).

Dengan dilakukannya uji coba pada sekelompok kecil video, YouTube meminta pengguna yang terpengaruh oleh eksperimen untuk memberikan umpan balik. Dengan demikian, platform dapat mengambil langkah berikutnya apakah fitur sudah matang atau masih butuh perbaikan.

Mengingat ini adalah video dan bukan wall teks, akan menarik untuk melihat apakah AI YouTube cukup pintar untuk mendeteksi perubahan topik dan dapat menerapkan pembagian video dengan benar. Jika ini benar jadi kenyataan, maka pembuat akan menghemat banyak waktu sekaligus menambahkan nilai pada video.

Selain menguji coba fitur untuk memudahkan pembuat konten, YouTube juga melakukan uji coba lainnya. Mereka tengah mencari cara yang lebih mudah untuk menambahkan stempel waktu yang terkait dengan momen yang ditonton saat mengomentari video.

Sebelumnya, orang-orang berkomentar sambil memasukkan sendiri catatan waktu momen tertentu yang membuat mereka terkesan. Kini, YouTube menguji coba fitur untuk membuatnya otomatis.

“Orang-orang dalam eksperimen akan melihat ikon baru saat mereka menulis komentar yang dapat mereka ketuk untuk menambahkan waktu secara otomatis dari video (tanpa harus memasukkannya sendiri secara manual),” tulis YouTube. [yub/asltimBX] berbagai sumber

Tags :

#
ai youtube,
#
fitur chapter video,
#
fitur ai youtube,
#
ai,
#
teknologi inovatif