MENU
icon label
image label
blacklogo

Sejarah Singkat Cryptocurrency dan Bitcoin

FEB 15, 2022@12:35 WIB | 631 Views

Cryptocurrency adalah jenis mata uang digital yang terdesentralisasi dan tidak dikendalikan oleh pemerintah mana pun. Sejarah cryptocurrency dapat ditelusuri mundur jauh ke belakang, yaitu sekitar 1980-an. Cryptocurrency pertama kali disebutkan pada sekitar tahun 1989, dan beberapa tahun setelahnya, kriptografer asal Amerika bernama David Chaum, menciptakan uang digital yang mengandalkan kriptografi untuk mengamankan dan memverifikasi suatu transaksi. Tetapi baru di awal 90-an protokol dan perangkat lunak kriptografi mulai banyakan dikembangkan. Hal ini memungkinkan terciptanya mata uang digital yang benar-benar sudah terdesentralisasi.

Pada bulan Oktober 2008, sebuah makalah yang dibuat oleh seseorang yang menggunakan nama samaran Satoshi Nakamoto, berjudul Bitcoin: A Peer-to-Peer Digital Cash System, menguraikan sistem untuk menciptakan mata uang digital yang tidak memerlukan kepercayaan pihak ketiga mana pun. Makalah Nakamoto secara efektif meluncurkan revolusi dalam dunia cryptocurrency.

Bitcoin adalah cryptocurrency dan sistem pembayaran di seluruh dunia. Satoshi Nakamoto menciptakan protokol Bitcoin pada tahun sekitar 2009, tahun yang sama diluncurkan sebagai perangkat lunak open-source. Bitcoin menjadi semakin populer di kalangan orang-orang yang perlu mengirim uang ke wilayah manapun tanpa campur tangan dari bank atau pemerintah. Namun, kenaikan nilainya yang sangat cepat telah mempersulit sebagian orang untuk mengetahui apa yang harus mereka lakukan dengan Bitcoin mereka.

Transaksi Bitcoin pertama terjadi antara Nakamoto dan Hal Finney pada 12 Januari 2009. Baru pada Februari tahun berikutnya seseorang menyadari betapa berharganya teknologi baru ini ketika satu orang membayar 10.000 Bitcoin untuk dua pizza Papa John. Transaksi itu sekarang mungkin akan bernilai jutaan dolar.

Pada awal 2010, Bitcoin adalah satu-satunya cryptocurrency di pasar. Saat itu, harganya hanya beberapa sen. Selama beberapa tahun berikutnya, mata uang digital yang baru memasuki pasar, harganya masih cenderung naik dan turun seiring dengan Bitcoin. Sepanjang periode volatilitas ini, banyak orang kehilangan kepercayaan pada kripto sebagai sarana investasi. Namun, mulai akhir 2017, kripto mulai mengalami peningkatan pesat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Total kapitalisasi pasar untuk semua cryptocurrency hingga mencapai $820 miliar pada Januari 2018 sebelum akhirnya jatuh pada akhir bulan yang sama. Walaupun nilainya jatuh, pasar kripto cenderung mengalami pertumbuhan yang stabil

2017 adalah tahun cryptocurrency. Seiring dengan nilai Bitcoin dan koin digital lainnya yang semakin meroket, meningkat pula jumlah penipuan yang menargetkan investor kripto. Dari ICO (Initial Coin Offerings) palsu hingga serangan phishing, bahkan beberapa pencuri berhasil meraup jutaan dolar dari orang-orang yang tidak bersalah yang ingin menghasilkan uang dengan cepat lewat kripto yang sedang sangat hype ini. 

Bitcoin telah menjadi subyek dari banyak diskusi dan perdebatan, tetapi tidak mudah untuk menentukan kapan Bitcoin pertama kali dipopulerkan. Banyak yang percaya bahwa kenaikan Bitcoin terjadi di tahun 2017, meningkat dari $1.000 menjadi $20.000 sebelum turun kembali di bawah $10.000. Yang lain berpendapat bahwa popularitas Bitcoin meroket karena pertukaran mata uang kripto seperti Coinbase, membuatnya lebih mudah bagi orang-orang dengan pengetahuan atau pengalaman teknis yang minim untuk memperdagangkan mata uang kripto.

Apa pun alasannya, satu hal yang pasti: popularitas Bitcoin akan terus tumbuh karena semakin banyak orang yang menyadari apa "arti" sebenarnya dari desentralisasi dan anonimitas. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
crypto,
#
cryptocurrency,
#
blockchain,
#
bitcoin