MENU
icon label
image label
blacklogo

Imbas Crypto Crash, Harga GPU Dibanting Gila-Gilaan

JUL 06, 2022@19:00 WIB | 299 Views

Harga GPU high-end mengalami penurunan tajam akhir-akhir ini karena berkurangnya permintaan dalam penambangan cryptocurrency. Pasokan yang sedikit serta harga yang tidak stabil selama dua tahun terakhir, menyebabkan harga GPU melambung tinggi hingga ke taraf yang tidak masuk akal.

Walaupun perusahaan seperti NVIDIA mencoba mengekang para penambang mata uang kripto ini dengan membatasi kecepatan GPU. Pada bulan Januari 2022 Nvidia RTX 3080 dalam kondisi bekas sempat dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, yaitu $1.613 (sekitar Rp24 juta). 

Baru-baru ini, GPU high-end seperti NVidia RTX 3080 mengalami penurunan harga yang signifikan, dengan harga jual retail mencapai $699 (sekitar Rp10,5 juta). Seperti yang dilaporkan, banyak GPU high-end telah turun harga lebih dari 50% selama enam bulan terakhir.

Salah satu faktor terbesar yang mendorong penurunan harga GPU ini adalah berkurangnya permintaan untuk cryptocurrency setelah jatuhnya pasar mata uang kripto dari bulan Mei lalu, di mana penambangan kripto tidak lagi menguntungkan seperti sebelumnya.

Sekarang sepertinya saat yang tepat bagi para PC gamers untuk berburu GPU high-end impiannya dengan harga yang lebih murah. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cryptocurrency,
#
nft,
#
gpu,
#
nvidia,
#
amd