MENU
icon label
image label
blacklogo

Nvidia Hadirkan G-Assist, Asisten Berbasis AI Untuk Bermain Game

JUN 06, 2024@16:00 WIB | 395 Views

Perusahaan pembuat chipset ternama, Nvidia akhirnya menghadirkan sebuah asisten berbasis kecerdasan buatan AI untuk bermain game. Fitur tersebut dinamai G-Assist yang sejatinya sempat menjadi bahan lelucon namun akhirnya hadir menjadi fitur resmi dan siap dipakai pengguna.

Melansir The Verge, Rabu (5/6/2024), awalnya G-Assist hanya menjadi sebuah wacana bersifat lelucon saat April Mop tahun 2017 silam. Namun ternyata, dari lelucon tersebut, pihak Nvidia cukup serius mengembangkan asisten berbasis AI ini hingga akhirnya bisa meluncur di pertengahan 2024 ini.

Disebutkan, fitur G-Assist ini bakal disiapkan pada produk GPU Nvidia seri GeForce GTX. Nantinya akan ada semacam chip khusus berupa chatbot yang berfungsi mengatur beberapa hal penting agar pengalaman bermain game bisa lebih optimal.

Nantinya sistem chatbot ini juga bisa mengenali suatu objek dalam game dan OCR untuk membaca teks. Setelah itu, dengan fungsi ini juga membuat pengguna bisa mendapat berbagai informasi tambahan agar memudahkan pengguna bisa bermain game lebih optimal.

Meski begitu, Nvidia menyebut G-Assist ini masih dalam tahap pengembangan tingkat akhir. Meski begitu, Nvidia memberi sedikit demonstrasi mengenai cara kerja G-Assist dengan teknologi AI yang diklaim bisa membantu mengatur settingan PC dan settingan bermain yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Contohnya saat dicoba dimainkan dalam game ARK: Survival Ascended. Fitur G-Assist ini akan membantu pemain dalam menentukan senjata yang bisa dipakai agar bisa memenangkan permainan. Serta sistem ini akan mengatur settingan latency grafik PC serta FPS antara 60 hingga 240 Hz.

Asisten G-Assist besutan Nvidia sendiri pertama diperkenalkan di acara Computex 2024 yang sedang berlangsung di Taipei, Taiwan. Nvidia sendiri belum menentukan perangkat mana yang bakal mendapat fitur asisten bermain game berbasis AI ini. [edo/timBX]

Tags :

#
nvidia,
#
asisten,
#
ai,
#
kecerdasan buatan,
#
g-assist,
#
gpu

X